Home Berita Instansi dan Kementerian Safari Jumat di Desa Bukit Kijang, Algafry Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban

Safari Jumat di Desa Bukit Kijang, Algafry Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban

358
0
SHARE
Safari Jumat di Desa Bukit Kijang, Algafry Ajak Masyarakat Maknai Hari Raya Kurban

NAMANG - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) kembali melaksanakan program Safari Jumat untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah bersama masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Masjid Al Hasanah Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang menjadi tempat kunjungan Safari Jumat Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman bersama para jajaran dari lingkungan Pemkab Bateng pada Jumat (23/06/2023).

Bertindak selaku Khatib, Algafry mengajak kepada jamaah untuk memaknai arti dari Idul Adha, mengingat sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya tersebut.

"Kita saat ini sudah memasuki bulan Dzulhijah, artinya sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha, dan ini merupakan momentum yang sangat penting sebagai pembelajaran bagi kita untuk mengukur seberapa besar ketakwaan kita," ujar Algafry.

Ia mengatakan Idul Adha merupakan ibadah yang menggambarkan ujian serta pengorbanan keimanan dan ketakwaan umat untuk menerima perintah dari Allah SWT.

"Kita bisa ambil pelajaran dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, bagaimana keimanan dan ketakwaan menjadi sebuah ujian untuk melakukan pengorbanan dalam mentaati perintah Allah SWT. Ketika ujian itu berhasil kita lalui maka ridho Allah akan menjadikan kemudahan dan keberkahan untuk kita," ucap Algafry.

Ia juga berpesan kepada jamaah untuk tidak ragu melaksanakan kurban apabila diberikan kemampuan karena terkandung pula nilai sosial yang tinggi dalam kurban tersebut.

"Selagi kita diberikan kesempatan marilah kita laksanakan ibadah kurban ini karena manfaatnya tidak hanya pahala bagi kita tetapi kita juga bisa berbagi kepada orang yang kurang mampu melalui daging hewan yang kita kurbankan," tutur Algafry.

Dalam kesempatan ini, Pemkab Bateng melalui bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) juga membagikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu sebanyak 20 paket.

Selain itu, Masjid Al Hasanah mendapatkan bantuan berupa 1 unit dispenser yang diserahkan langsung oleh Algafry kepada Ketua Masjid.

"Apa yang kami berikan semua ini tolong jangan dilihat dari nominal harganya, tetapi ini adalah bentuk kepedulian teman-teman ASN di Pemkab Bateng untuk berbagi kepada seluruh warga Bangka Tengah," ujarnya.

Turut hadir dalam Safari Jumat ini Sekretaris Daerah Bateng, para Kepala OPD Bateng, Camat Namang, Kepala Desa Bukit Kijang, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy