Home Berita Instansi dan Kementerian Safari Ramadhan Bangka Tengah, Sebuah Tradisi, Silaturahmi, dan Berbagi Keberkahan

Safari Ramadhan Bangka Tengah, Sebuah Tradisi, Silaturahmi, dan Berbagi Keberkahan

585
0
SHARE
Safari Ramadhan Bangka Tengah, Sebuah Tradisi, Silaturahmi, dan Berbagi Keberkahan

PANGKALANBARU - Bagi sebagian besar umat Islam di Indonesia, bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu memberikan kesan tersendiri. Selain dimanfaatkan untuk semakin memperkuat ibadah, momen bulan Ramadhan juga dipenuhi dengan keunikan dan tradisi-tradisi yang selalu hadir untuk memeriahkannya.

Banyak kegiatan-kegiatan keagamaan yang digelar dengan penuh hikmat disertai semangat kebersamaan. Pada hakikatnya, bulan Ramadhan di Indonesia dijalani dan disambut dengan meriah, termasuk bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng).

Safari Ramadhan Bupati Bateng sudah menjadi tradisi yang dilakukan Pemkab Bateng dalam memeriahkan dan memanfaatkan momen kebersamaan di bulan suci ini.

Kunjungan dari desa ke desa yang dilaksanakan sejak awal Ramadhan untuk berbuka puasa bersama ini membuat jalinan silaturahmi dan rasa kebersamaan untuk berbagi dengan masyarakat tetap terjalin dengan baik.

Masjid Al-Amin yang berada di Desa Pedindang, Kecamatan Pangkalanbaru menjadi kunjungan Bupati Bangka Tengah beserta jajaran dari Pemkab Bateng pada Ramadhan hari ke-8 yang jatuh pada Kamis (30/03/2023).

Dalam Safari Ramadhan kali ini, Bupati Bateng, Algafry Rahman yang didampingi Sekretaris Daerah, Sugianto, membagikan 20 paket sembako kepada warga yang kurang mampu, santunan kepada anak yatim, serta memberikan 1 unit dispenser dan 1 unit sound portable kepada Masjid Al-Amin.

"Bantuan ini jangan dilihat dari besaran dan jumlahnya, tetapi mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi yang menerima. Safari Ramadhan kami ini tujuan utamanya tentu untuk bersilaturahmi, menjalin kebersamaan dan berbagi keberkahan," ujar Algafry dihadapan warga Desa Pedindang.

Ditambahkannya bahwa momentum bulan Ramadhan ini agar ingat untuk berbagi kepada sesama.

"Kita semua jangan lupa bersedekah ya Bapak/Ibu. Insyaallah dibulan baik ini segala amal perbuatan baik akan kembali kepada kita," ucapnya.

Safari Ramadhan ini juga dihadiri organisasi dan lembaga keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bateng, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bateng, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bateng, serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bateng.

"Alhamdulillah, masjid kami ramai karena ada Bapak Bupati dan rombongan. Ada juga tokoh-tokoh agama tadi. Terima kasih sudah berbagi dengan kami di sini semoga berkah," ungkap Suroso (54) salah satu pengurus Masjid Al-Amin.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi