Home Berita Instansi dan Kementerian Salam Pramuka! Karang Pamitran Daerah Kwarda Kepulauan Bangka Belitung 2022 Ramaikan Pulau Nangka

Salam Pramuka! Karang Pamitran Daerah Kwarda Kepulauan Bangka Belitung 2022 Ramaikan Pulau Nangka

754
0
SHARE
Salam Pramuka! Karang Pamitran Daerah Kwarda Kepulauan Bangka Belitung 2022 Ramaikan Pulau Nangka

SUNGAISELAN - 'Selamat datang Kakak, selamat datang kakak, selamat datang kami ucapkan!' Yel-yel khas Pramuka ini menyambut Kak Algafry dan Kak Eva seraya memasuki lapangan upacara pembukaan Karang Pamitran Daerah (KAPADA) tahun 2022 di SD Negeri 3 Sungaiselan, Dusun Pulau Nangka, Jumat (28/10/2022).

Karang Pamitran adalah pertemuan Pembina Pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan juga kepemimpinan.

Acara yang diselenggarakan dari tanggal 27-30 Oktober 2022 ini diikuti oleh kurang lebih 400 pembina (anggota pramuka dewasa) yang berasal dari berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kak Eva Algafry sebagai Ketua Kwarcab (Kwartir Cabang) Bangka Tengah, sangat bersemangat menyambut kontingen KAPADA tahun 2022 ini.

"Selamat datang kepada para peserta, inilah Bangka Tengah, inilah Pulau Nangka, yang kami harap dapat meninggalkan kesan yang baik tentunya. Kami berharap semoga acara akan berjalan lancar sampai dengan selesai nanti, diberikan kemudahan oleh Allah SWT, serta kehadiran kita semua di Pulau Nangka ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," harap Eva.

Di tempat yang sama, Kak Algafry Rahman sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) sekaligus Bupati Bangka Tengah mengucapkan rasa terima kasihnya kepada peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini.

"Alhamdulillah, kalian yang hadir di sini adalah para pemuka pramuka yang luar biasa. Dengan teori dan modifikasi yang telah dibuat, kita harapkan Kwarda, Kwarcab yang ada di Bangka Belitung ini akan terampil, dan bisa menjadi andalan di kemudian hari. Terima kasih sekali lagi, kami dari Kwarcab Bangka Tengah sangat mendukung kegiatan Karang Pamitran yang ada saat ini. Insyaallah di tahun selanjutnya kita akan berjumpa kembali di Papua dalam acara yang sama!" pungkas Algafry dengan semangat.

Zulfikar, perwakilan dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Bangka Belitung pun bersyukur atas segala dukungan yang telah diberikan.

"Kami berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan dari Kak Eva dan Kak Algafry, yang dari awal dua bulan yang lalu mereka sangat antusias mendukung acara ini. Alhamdulillah, walaupun semalam ada badai, para peserta Pramuka Bangka Belitung tak gentar dan tetap semangat, ini luar biasa," ucap pria yang kerap disapa Kak Fikar ini.

Tak hanya panitia pelaksana yang bersemangat, Darma Wijaya (46), peserta perwakilan dari Kwarcab Belitung ini pun menceritakan pengalamannya pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Nangka.

"Saya awalnya kaget, karena jarak tempuh yang sangat jauh, tapi begitu tiba ternyata pulaunya indah, dan masyarakatnya juga ramah menyambut kedatangan kami dan peserta KAPADA lainnya," cerita Darma.

Hal menarik lainnya dari perhelatan akbar Pramuka ini adalah adanya peserta tertua yakni usia 70 tahun, yang merupakan seorang Pembina Pramuka dari Sungailiat Kabupaten Bangka.

Bernama lengkap A. Latief Arpan, telah menjadi seorang Pembina Pramuka sejak usia 20 tahun merasa bersyukur karena dari kegiatan Pramuka lah Latief dapat berkeliling Indonesia bahkan luar negeri.

"Saya pernah diterbangkan ke tanah Suci Mekkah secara gratis karena Pramuka, dan tahun depan saya akan diikutsertakan dalam kegiatan Jambore sedunia di Korea Selatan. Saya bersyukur, dan berharap generasi penerus dapat berdedikasi tinggi dengan Pramuka. Saya senang akhirnya bisa menginjakkan kaki di Pulau Nangka, walaupun kemarin handphone saya ikut terendam saat air pasang," kenang Latief sembari tertawa. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Onie R Bana/Deanty Nursyahfitri

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi/Redoh Soniman/Onie R Bana