Home Berita Instansi dan Kementerian Sambut HUT ke-168 Kota Koba, Pemkab Bangka Tengah Gelar Diskusi Publik

Sambut HUT ke-168 Kota Koba, Pemkab Bangka Tengah Gelar Diskusi Publik

566
0
SHARE
Sambut HUT ke-168 Kota Koba, Pemkab Bangka Tengah Gelar Diskusi Publik

KOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) menggelar Diskusi Publik di Perpustakaan Selawang Segantang Kabupaten Bateng, Rabu (27/07/2022) sore.

Diskusi publik yang bertajuk "Menelusuri Kembali Sejarah Kota Koba" ini dalam rangka menyambut peringatan ke-168 Hari Jadi Kota Koba yang jatuh pada tanggal 1 Agustus 2022 mendatang.

Kegiatan yang mengulas kembali tentang sejarah Kota Koba ini menghadirkan narasumber Akhmad Elvian, yang kerap disapa Dato' Elvian, salah seorang pakar sejarah dan budaya Bangka Belitung.

Bupati Bateng, Algafry Rahman saat ditemui mengatakan, melalui diskusi publik menyambut Hari Jadi Kota Koba ke-168 ini diharapkan masyarakat Kabupaten Bateng mengenal dan mempelajari sejarah Bangsa Indonesia khususnya sejarah Kota Koba. Pasalnya, banyak nilai sejarah di Kota Koba yang belum diketahui oleh masyarakat luas.

Dikatakannya, mengenal dan mempelajari sejarah tentu banyak manfaat yang akan diperoleh. Mempelajari sejarah akan menjadi panduan moral dan politik, mengenal sejarah perjalanan suatu bangsa, memperkokoh identitas suatu bangsa dan sebagai latihan berpikir holistik dan multiperspektif.

"Setelah mendengarkan narasumber kita, Pak Elvian tadi, ternyata banyak sekali nilai sejarah yang baru kita ketahui tentang Kota Koba.  Pada zaman penjajahan dahulu ada pahlawan-pahlawan yang berasal dari teman-teman kita etnis Cina di Koba yang pada saat itu melawan kolonialisme," ungkap Algafry.

Algafry berharap, dengan mempelajari dan mencintai sejarah akan menciptakan generasi berwawasan dan cerdas yang dapat membuat perubahan pada bangsa sehingga lebih baik secara menyeluruh.

"Ini adalah edukasi, masyarakat harus mengetahui bahwa Kota Koba kita ini banyak nilai sejarah pada masanya.Banyak sejarah yang ada di kota kita ini, maka kita harus semangat lagi meneruskan perjuangan para pejuang untuk Bangsa Indonesia," ucap Algafry.

"Pelajari dan cintai lah nilai sejarah Kota Koba kita ini," tegasnya.

Tampak hadir dalam diskusi publik ini Algafry didampingi Isteri, drg. Eva Algafry selaku Bunda Baca Kabupaten Bateng, para Presidium Kota Koba, Anggota DPRD Kabupaten Bateng, Kepala OPD terkait, Camat Koba, Lurah se-Kecamatan Koba, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat setempat.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Hardian

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi J