Home Berita Instansi dan Kementerian Sambut Merdeka Belajar, Pemkab Bangka Tengah Gelar Bimtek Muatan Lokal Jenjang TK, SD, dan SMP

Sambut Merdeka Belajar, Pemkab Bangka Tengah Gelar Bimtek Muatan Lokal Jenjang TK, SD, dan SMP

119
0
SHARE
Sambut Merdeka Belajar, Pemkab Bangka Tengah Gelar Bimtek Muatan Lokal Jenjang TK, SD, dan SMP

PANGKALAN BARU - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalu Dinas Pendidikan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum Muatan Lokal jenjang TK, SD, dan SMP yang berlangsung di Ballroom Grand Vella Hotel, Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (11/08/2022).

Kegiatan yang diagendakan selama 3 hari tersebut diikuti sebanyak 125 peserta dan menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan Provinsi D.I. Yogyakarta, Diah Tri Palupi.

Mewakili Bupati Bangka Tengah membuka acara secara resmi, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar, menyampaikan bahwa era pendidikan saat ini menuju arah kemerdekaan belajar. Menurutnya pembelajaran peserta didik saat ini didesak untuk lebih akrab dengan teknologi seraya mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

"Jika dulu pendidikan dan pembelajaran berfokus pada ketercapaian kompetensi, penguasaan materi, serta ketuntasan kurikulum, maka di era merdeka belajar saat ini arah pembelajaran bergeser pada pemenuhan kebutuhan siswa demi kemudahan menggapai cita-cita," ujar Iskandar di hadapan para peserta.

Dilanjutkannya, salah satu unsur yang harus dilestarikan dan dijaga melalui kegiatan pendidikan adalah nilai, tradisi, budaya, keterampilan, dan konsep yang berlaku pada masyarakat. Melalui pembelajaran muatan lokal diharapkan peserta didik tidak saja memiliki pengetahuan akademis berupa pengetahuan yang bersifat global, sebagaimana diharapkan, tetapi juga mempunyai kepedulian terhadap nilai-nilai sosio-kultural yang melingkupinya.

"Lewat kurikulum ini diharapkan peserta didik di sekolah tidak asing dengan budaya, tradisi, dan karakteristik masyarakat di sekitarnya," ujar Iskandar.

Selain pengembangan kurikulum muatan lokal melalui mata pelajaran yang masih menjadi bagian dari intrakurikuler, Iskandar mengatakan, sekolah juga dapat mengembangkan diri dalam bentuk ekstrakurikuler dan bimbingan konseling.

"Guru adalah orang-orang yang hebat, yang kuat, pantang menyerah, dan terus ingin bertumbuh dan belajar. Tidak ada alasan untuk menyerah dengan keadaan karena kita para insan pendidikan di Bangka Tengah sangat hebat, mampu menghadapi dan melewati rintangan," tutupnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Ristin

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Hardian