Home Daerah Sambut Tahun Emas HKG, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Vidcon

Sambut Tahun Emas HKG, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Vidcon

798
0
SHARE
Sambut Tahun Emas HKG, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah Gelar Vidcon

Koba - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui video conference memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-50 PKK Tahun 2022 dengan tema Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama. Acara yang dilangsungkan secara virtual dari Pondopo Rumah Dinas Bupati Bateng ini disiarkan kepada Ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan/Desa se-Bateng, beserta OPD terkait, Jumat (04/03/2022).

Eva Algafry selaku Ketua TP PKK Kabupaten Bateng pada kesempatan ini membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, dengan didampingi jajaran pengurus TP PKK Bateng yakni Erlina Erfian, selaku Wakil Ketua I, Sumiyati, selaku Sekretaris, dan Yulin selaku Wakil Sekretaris.

Sebagaimana dibacakan Eva Algafry, Tri Tito Karnavian menerangkan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan Tahun Emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya.

Untuk itu, dilanjutkannya, tema HKG tahun 2022 ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK dan menjadi tekad bersama untuk mendedikasikan diri ikut serta memajukan negara dan bangsa Indonesia.

Menurut Tri, 50 tahun perjalanan gerakan PKK tentu banyak hal yang telah dilakukan dan dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan Cipta, Rasa dan Karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik,” lanjutnya.  

2 Hal pokok sehubungan dengan tema HKG 2022 ‘Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama’ yakni;

1. Jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi Bakti PKK untuk Bangsa.

2. Berbagi untuk Sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK.

Menutup acara, Eva menyampaikan harapan Ketua Umum PKK Pusat yang menyebut bahwa PKK adalah mitra kerja pemerintah sehingga harus mampu menyelaraskan dengan kebijakan pemerintah dan dengan pola pendekatan sosial bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Pratama P. Anggara / Asti Pradiajayanti

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman