Home Berita Instansi dan Kementerian Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Perlang, Nominasi 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Perlang, Nominasi 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

266
0
SHARE
Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Perlang, Nominasi 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

LUBUK BESAR - Danau Pading tampak ramai, cerahnya cuaca kala itu tidak menyurutkan antusiasme masyarakat menyambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis (11/08/2022).

Bang Sandi sapaan akrab Menparekraf mengunjungi 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia, salah satunya Desa Wisata Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Desa Wisata Perlang sendiri merupakan salah satu nominasi dari 50 Desa Wisata Terbaik yang terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang mengangkat tema Mewujudkan Wisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global dan Berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikannya, disela-sela kunjungan kerja ke Desa Wisata Perlang. Ia sangat senang dan kagum dengan antusiasme dan partisipasi masyarakat setempat khususnya di Desa Wisata Perlang.

Sandiaga menyebutkan ini merupakan suatu prestasi karena Danau Pading menjadi tulang punggung Desa Wisata Perlang dan sesuatu yang membanggakan, bisa menembus 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia.

"Desa Wisata Perlang akan dipastikan semakin baik ke depannya. Meskipun pasca tambang, tidak menjadikannya sebagai musibah. Justru jika dikelola dengan penuh hikmah (bijaksana-red) akan menjadi berkah," ungkapnya.

"Harapan saya, hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Semoga Desa Wisata Perlang ini bisa menjadi juara satu dalam lomba Desa Wisata Terbaik," lanjut Sandiaga.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry sangat bersyukur atas kunjungan Menparekraf ke Kabupaten Bangka Tengah.

"Ini adalah karunia dari Allah SWT dan kita berharap dengan kehadiran Beliau menjadi hal baik untuk penilaian Desa Wisata Terbaik nantinya," ucapnya.

Ia juga menuturkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah akan terus berkoordinasi dan membantu agar Desa Perlang semakin meningkat dan menjadi destinasi wisata yang diminati seluruh masyarakat.

"Kemudian mengenai anggaran, Pemkab akan siap membantu. Tidak menutup kemungkinan bantuan dari berbagai pihak akan kita terima sehingga Desa Wisata Perlang ini semakin bagus. Apalagi semangat Pokdarwisnya sangat luar biasa," ungkap Eva.

Turut hadir dalam kunjungan ini jajaran dari Kemenparekraf RI, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ketua DPRD Kabupaten Bateng, para Kepala OPD Pemkab Bateng, Camat Lubuk, Ketua DWP Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Desa Perlang, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Koba, Perwakilan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), para Tokoh Masyarakat beserta Pokdarwis Danau Pading.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Qori Ulfi Alawiyah

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Oniek R Bana dan Prayogi Januardi