Home Berita Terkini Screening Rapid Test Massal, Upaya Pemkab Bateng Tingkatkan Kewaspadaan Pencegahan Penularan Covid-19

Screening Rapid Test Massal, Upaya Pemkab Bateng Tingkatkan Kewaspadaan Pencegahan Penularan Covid-19

1,260
0
SHARE
Screening Rapid Test Massal, Upaya Pemkab Bateng Tingkatkan Kewaspadaan Pencegahan Penularan Covid-19

Namang - Giat Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam upaya peningkatan kewaspadaan  dini  untuk mencegah Penularan Covid-19 melalui pelaksanaan kegiatan Rapid Test Massal, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah kembali melakukan screening rapid test di masjid Nurul Darussalam Desa Belilik Kecamatan Namang, Jumat (15/05/2020).

Sasaran rapid test ini adalah jama’ah sholat Jumat dengan tujuan untuk mendapatkan data awal sehingga diketahui siapa saja masyarakat yang terpapar Covid-19 agar penyebarannya tidak meluas.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Bahrun Siregar Sutrisno, M.Kes., disela-sela kegiatan mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan arahan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada saat video conferece dengan Forkomimda se-Bangka Belitung, yakni setiap kabupaten atau kota harus menyelenggarakan kegiatan screening rapid test Covid-19.

"Kegiatan ini merupakan kali ke tiga yang dilaksanakan oleh Dinkes, yang sebelumnya telah dilaksanakan di Pasar Modern Koba dan Makorem Bangka Tengah," ucap Bahrun.

Lebih lanjut, Bahrun menuturkan, Pasar Modern Koba merupakan lokasi pertama yang dilaksanakannya rapid test, kemudian kemarin (Kamis-red) juga telah dilakukan di Makorem. Hari ini bertempat di masjid Nurul Darussalam Desa Belilik Tengah.  Selasa depan juga akan dilaksanakan kembali di Desa Batu Belubang dan yang terakhir di pusat perbelanjaan Giant.

"Di Pasar Modern Koba dan di Makorem kemarin kami sediakan masing-masing sebanyak 100 buah rapid test, kemudian di Masjid Nurul Darussalam hari ini di sediakan 200 buah rapid test. Untuk kedepannya kami telah menyiapkan rapid test, masing-masing sebanyak 100 buah di dua tempat, yakni Desa Batu Belubang dan pusat perbelanjaan Giant,” paparnya.

Adapun jumlah sampel yang diambil di Desa Belilik ini sebanyak 77 orang dengan hasil 77 NR (Non Reaktif). Dihadiri langsung oleh    Kepala Dinas Kesehatan Kab. Bateng, Kepala BPBD Bateng, Bagian Reskrim Polres Bateng, Kepala Desa Belilik, Kepala Puskesmas Namang, Babinkamtibmas, Toma dan Toga Belilik, Tim Dinkes dan Puskesmas.* (RIS/WEE/ Foto: RIN-IRV)

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah