Home Berita Terkini Secara Online, Bupati Bangka Tengah Membuka Musrenbang untuk Penyusunan RPJMD Bangka Tengah Tahun 2021-2026

Secara Online, Bupati Bangka Tengah Membuka Musrenbang untuk Penyusunan RPJMD Bangka Tengah Tahun 2021-2026

218
0
SHARE
Secara Online, Bupati Bangka Tengah Membuka Musrenbang untuk Penyusunan RPJMD Bangka Tengah Tahun 2021-2026

Pangkalan Baru - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026 dibuka hari ini, Senin (14/06/2021). Acara yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Bangka Tengah di Hotel Soll Marina ini akan dilangsungkan 2 hari, hingga 15 Juni 2021 esok.

Algafry Rahman, S.T., selaku Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang tahun ini terasa berbeda karena situasi bangsa, bahkan di seluruh dunia, sedang dilanda wabah Covid-19 yang mengharuskan pemerintah membuat instruksi dan himbauan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

“Namun demikian, di masa pandemi Covid-19 proses perencanaan pembangunan harus tetap dilaksanakan. Karena pentingnya agenda kegiatan ini maka beberapa hal dilangsungkan secara virtual meeting sehingga proses perencanaan berjalan sesuai tahapan,” jelas Algafry melalui video conference-nya. Bupati Bangka Tengah tersebut membuka giat ini melalui video conference karena di saat bersamaan dilangsungkan Pembekalan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Seluruh Indonesia oleh Kemendagri RI.

Lebih lanjut Algafry menjelaskan pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026 ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.   

“Dalam waktu lima tahun ke depan, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi, yakni ‘Mewujudkan Kabupaten Bangka Tengah yang Semakin Unggul’,” sebutnya.       

Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh perencanaan yang berkualitas dan didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini disebut Algafry memerlukan pentingnya sinergi dan kerja sama antar semua stakeholder untuk menuju Negeri Selawang Segantang yang sejahtera dan lebih baik lagi  sehingga semakin unggul.

“Kami mengajak semua pihak untuk memperkuat komitmen, memperkuat pembangunan melalui pelaksanaan RPJMD Tahun 2021-2026 yang semakin partisipatif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat.” Tutup Algafry.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ferry Insani, S.E., M.M. mengatakan ada 3 hal yang perlu dilakukan dalam penyusunan RPJMD, yakni yang pertama Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang terkait dengan kebijakan nasional, yang kedua kepentingan Bupati dalam hal RPJMD dan yang ketiga, pokok-pokok pikiran anggota DPRD yang merupakan aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota Dewan agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD.

“Saya mengharapkan kerja sama semua stakeholder dalam penyusunan RPJMD agar di kemudian hari bisa lebih baik lagi.” Ujar Ferry.

Hadir di kegiatan ini, Sekda Bangka Tengah,  Kepala Bappelitbangda, Asisten, Staff Ahli dan juga para Kepala OPD se-Kabupaten Bangka Tengah.*(IRV/APJ/foto:IRV)

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Mohon maaf saat ini website sedang dalam pemeliharaan.

Untuk melihat dokumentasi kegiatan, silakan kunjungi media sosial kami:

https://www.facebook.com/dinaskominfosta.bateng.3/

https://twitter.com/dinaskominfosta

https://www.instagram.com/dinaskominfosta_bateng/