Home Berita Instansi dan Kementerian Sejahterakan Nelayan, Pemkab Bateng Tingkatkan Kapasitas dan Kreativitas dengan Penerapan Inovasi dan Teknologi

Sejahterakan Nelayan, Pemkab Bateng Tingkatkan Kapasitas dan Kreativitas dengan Penerapan Inovasi dan Teknologi

128
0
SHARE
Sejahterakan Nelayan, Pemkab Bateng Tingkatkan Kapasitas dan Kreativitas dengan Penerapan Inovasi dan Teknologi

Pangkalan Baru – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) begitu peduli dalam memajukan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan yang disebut sebagai pahlawan protein bagi Bangka Tengah bahkan nasional.

Sehubungan dengan hal ini, Dinas Perikanan Bateng menggelar Workshop Kenelayanan Pembuatan dan Pemeliharaan Kapal/Perahu Fiber Tahun 2021 di Soll Marina Hotel, dari Rabu (24/11/2021) hingga Kamis (25/11/2021). Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dan kreativitas nelayan dalam menerapkan inovasi dan teknologi di bidang perikanan tangkap.

Bupati Bangka Tengah pada kesempatan ini diwakili oleh Staf Ahli, Drs. H. Wahyu Nurrakhman, M.Si., sekaligus membuka kegiatan dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Bateng, Taufik, S.P., M.M., dan Mochammad Rachadian Prayoga, S.St.Pi, MESM, selaku Penanggung Jawab Rancang Bangun dan Standardisasi Kapal Perikanan dari Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, DJPT.

Wahyu menyampaikan bahwa kesempatan workshop seperti ini sangat berharga dan penting dalam meningkatkan kapasitas nelayan di Bateng. Hal ini sebagai upaya penerapan inovasi dan teknologi yang mendukung usaha penangkapan ikan, salah satunya dengan penggunaan perahu/kapal berbahan fiber.

“Saat ini bahan baku kapal atau perahu dari bahan kayu semakin menipis sehingga perlu ada alternatif solusi bagi nelayan agar kelangsungan usaha penangkapan ikan tetap berjalan optimal,” sebutnya.

Lebih lanjut Wahyu menyebutkan telah ada beberapa rekomendasi langkah strategis yang dilakukan Pemkab Bateng dalam rangka menyejahterakan masyarakat nelayan, diantaranya peningkatan kapasitas nelayan dan fasilitas usaha pemasaran ikan hasil tangkapan.

Selain itu, Pemkab Bateng juga memperkuat kelembagaan nelayan baik KUB maupun koperasi nelayan. Ada juga fasilitasi bantuan pendanaan berupa fasilitasi permodalan bagi nelayan melalui KUR dari Bank, atau fasilitas pembiayaan asuransi nelayan gratis dari pemerintah.

“Potensi yang bisa dikelola melalui penerapan inovasi dan teknologi tepat guna mulai hulu sampai hilir ini harus bisa diambil sebagai peluang dalam menjalankan usaha perikanan tangkap seluas-luasnya guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelas Wahyu.

Kegiatan yang dibiayai oleh APBD Dinas Perikanan Bateng Tahun 2021 ini mengundang 25 peserta yang terdiri atas anggota Kelompok Usaha Bersama (KUB), Agen SiDolpin, dan para penyuluh perikanan Bangka Tengah. Narasumber yang dihadirkan antaranya dari Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, dari PT. Putra Maritim Mandiri, juga dari Dinas Perikanan Bateng. 

Workshop ini bertujuan memfasilitasi nelayan, Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan juga koperasi nelayan sebagai pelaku utama perikanan tangkap untuk dapat menerapkan inovasi dan teknologi guna terwujudnya masyarakat Bangka Tengah yang Semakin Unggul.

Hadir pula dalam kegiatan ini Sekretaris Dinas Perikanan Imam Soehadi, S.Pi, M.Si, Plt. Kabid Perikanan Tangkap, Triono Aries Kurnia, S.Pi, dan Kabid P2HP Teguh Ferdinand, S.ST.Pi, M.Tr.Pi., beserta staff.* (APJ/WEE/Foto:APJ)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah