Home Daerah Sekda Bateng Hadiri Rakor Pengawasan Program P3DN Bangka Belitung

Sekda Bateng Hadiri Rakor Pengawasan Program P3DN Bangka Belitung

440
0
SHARE
Sekda Bateng Hadiri Rakor Pengawasan Program P3DN Bangka Belitung

Pangkalpinang - BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan dengan tajuk Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melalui Sinergi Pengawasan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Pemberdayaan UMKM. Rakor yang diikuti oleh Bupati/Walikota/perwakilan se-Bangka Belitung ini digelar di Kantor Perwakilan BPKP Babel, Rabu (18/05/2022).

Rakor dibuka langsung oleh Penjabat (Pj). Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin, yang mengajak seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung untuk sama-sama memprioritaskan produk-produk lokal hasil produksi UMKM di Provinsi Babel sehingga pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan masyarakat semakin sejahtera.

“Pentingnya memprioritaskan produk lokal dalam pengadaan barang dan jasa di Provinsi Babel, kita akan memilih berbagai produk lokal, kita konsumsi, kita gunakan, karena dengan menggunakan produk lokal secara tidak langsung kita akan membantu peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM,” tuturnya.

Sementara itu, Plh. Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Sutrisno, mengatakan bahwa sektor UMKM dan Koperasi mendapatkan perhatian serius dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Disebutnya, arahan untuk merealisasikan barang jasa paling sedikit 40% dari anggaran belanja barang dan jasa untuk menggunakan produk UMKM dan Koperasi.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto yang mengungkapkan pentingnya mengonsumsi dan menggunakan produk lokal sebagai bagian dari menghidupkan perekonomian di daerah sehingga geliat ekonomi masyarakat akan semakin tumbuh.

“Kita berharap pasca pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah untuk percepatan produk dalam negeri, maka UMKM dan Koperasi pada sektor industri kreatif di Kabupaten Bangka Tengah akan segera menggeliat dan bangkit kembali,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sekda Bangka Tengah menyebut bahwa Kabupaten Bangka Tengah saat ini telah melaksanakan dan membuat Surat Keputusan (SK) Tim P3DN namun link untuk UMKM dan produk-produk lokalnya akan segera dipercepat pelaksanaannya, sesuai dengan arahan dan instruksi Presiden RI.

"Bangka Tengah saat ini telah memiliki SK Tim P3DN dan dalam waktu dekat akan segera dirancang dan dibuat SK untuk link UMKM, sesuai dengan komposisi dan ketentuan instruksi presiden untuk memanfaatkan produk dalam negeri. Saat ini kita sedang mendata berapa UMKM dan produk-produk lokal kita yang bisa masuk ke dalam E-katalog," jelasnya.

Dalam rakor tersebut Sekda Bangka Tengah didampingi oleh Inspektur Kabupaten Bangka Tengah Hendar Kusumawati. Kegiatan ini diakhiri dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan terkait Pengawasan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri  (P3DN) antara Inspektorat Daerah se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faeshol Cahyo Nugroho, Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Frida Aryanti, PLH. Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Sutrisno, unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Gusti Indra G.

Editor: Asti P.

Fotografer: Gusti Indra G.