Home Berita Terkini Sekda Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Sosialisasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan ke-2

Sekda Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Sosialisasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan ke-2

168
0
SHARE
Sekda Kabupaten Bangka Tengah Hadiri Sosialisasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Angkatan ke-2

Pangkalan Baru - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan BP PAUD Dikmas Sumatera Selatan menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan ke-2, diselenggarakan di Aula Lantai 4, Gedung Rektorat Unmuh Babel, Sabtu (25/09/2021).

Dalam kesempatan ini Kepala LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Hendri Gunawan, S.T., M.T. mengatakan bahwa sosialisasi PSP Angkatan 2 ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dengan Dirjen PAUD DIKDASMEN Kemendikbudristek dalam upaya kolaboratif mempersiapkan kandidat Sekolah Penggerak.

“Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak hari ini merupakan yang kedua kalinya yang sebelumnya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat. Program Sekolah Penggerak diawali dengan seleksi Calon Kepala Sekolah Penggerak, yang dalam hal ini Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan menetapkan total seluruh sasaran seleksi calon kepala sekolah penggerak di Kabupaten Bangka Tengah adalah 150 Kepala Sekolah,” jelas Hendri.

Disebut Hendri, LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung dan mendorong seluruh kandidat peserta untuk dapat menggunakan kesempatan terbaik ini agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam seleksi calon Kepala Sekolah Penggerak angkatan ke-2 ini.

“Besar harapan kami Kepala Sekolah yang lulus dengan nilai terbaik sehingga ke depannya banyak tumbuh dan berkembang sekolah-sekolah penggerak yang akan menjadi pioneer bagi sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Bangka Tengah,” harap Hendri Gunawan.

Mewakili Bupati, hadir Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si yang sekaligus membuka kegiatan. Sugianto mengatakan bahwa konstitusi telah mengamanatkan kepada pemerintah untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi semua warga negara.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah berupaya meningkatkan akses layanan pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak yaitu program yang mendorong satuan pendidikan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam rangka mewujudkan profil pelajar Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kompetensi kepala satuan pendidikan (Kepala Sekolah) dan Guru yang menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan restrukturisasi dan reformasi pendidikan di Kabupaten Bangka Tengah,” ungkap Sugianto.

Lebih lanjut Sugianto mengatakan bahwa Sekolah Penggerak adalah katalis dalam mewujudkan visi pendidikan di Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian dengan terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Hal ini disebutnya sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021-2026 yaitu Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkualitas serta berlandaskan Iman dan Takwa.

Sementara itu Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng, Esdras Silverius Bangun, S.H. saat ditemui menjelaskan sasaran seleksi Calon Kepala Sekolah Penggerak di Kabupaten Bangka Tengah total sebanyak 150 Kepala Sekolah yang terdiri dari jenjang TK 62 Kepala Sekolah, Jenjang SD 62 Kepala Sekolah, dan jenjang SMP 26 Kepala Sekolah.

“Dalam sosialisasi ini diadakan secara kolaborasi dengan pendampingan dari Kepala LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bagi sekolah penggerak jenjang SD dan SMP serta Kepala BP PAUD DIKMAS Sumsel bagi sekolah penggerak jenjang TK. Dengan kolaborasi ini, tentunya kita bersama optimis program ini dapat diikuti dengan hasil terbaik oleh Kepala Sekolah hebat di Kabupaten Bangka Tengah,” jelas Esdras.

Lebih lanjut Esdras menjelaskan Manfaat yang diterima Sekolah Penggerak dalam Program ini meliputi (1) Penambahan Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja. (2) Penerima Bantuan Peralatan TIK dan Multimedia bagi Guru dan Siswa dalam Program Digitalisasi Sekolah. (3) Progam Pendampingan Pembelajaran Guru dan Kepala Sekolah. (4) Penerapan Program Pelajar Pancasila. (5) Sebagai Sekolah pengimbas PSP.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini dihadiri oleh Kepala BP PAUD DIKMAS Sumsel, juga Ketua Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Bangka Tengah dan Tamu undangan lainnya. *(YHP/APJ/Foto:YHP)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah