Home Berita Terkini Selamat Kepada Pemenang Lomba Perpustakaan dan Kearsipan, Inilah Pesan Algafry

Selamat Kepada Pemenang Lomba Perpustakaan dan Kearsipan, Inilah Pesan Algafry

173
0
SHARE
Selamat Kepada Pemenang Lomba Perpustakaan dan Kearsipan, Inilah Pesan Algafry

Koba - Guna menciptakan pengelolaan perpustakan dan kearsipan yang baik di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah berbagai upaya pun dilakukan. Salah satunya dengan melakukan perlombaan yakni lomba perpustakaan tingkat SD/MI, SMP/Mts, Desa/kelurahan dan lomba Kearsipan Tingkat SD/MI, SMP/MTs, Perangkat Daerah dan Desa/kelurahan Tahun 2022 beberapa waktu lalu.

Pengumuman pemenang lomba ini pun digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah di Gedung Serba Guna Bangka Tengah, Rabu (25/05/2022).

Dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Bunda Baca Bangka Tengah beserta Kepala Sekolah se-Kabupaten Bangka Tengah SD/MI dan SMP/MTs se- Kabupaten Bangka Tengah, Perangkat Daerah se-Kabupaten Bangka Tengah dan Desa/kelurahan se-Kabupaten Bangka Tengah berlangsung meriah dengan berbagai suguhan penampilan siswa/siswi perwakilan SD/MI dan SMP/MTs yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan jika perlombaan ini tidak hanya mencari pemenang namun juga sebagai pembinaan, evaluasi dan memotivasi agar lebih baik kedepannya dalam hal layanan perpustakaan dan pengelolaan arsip di Bangka Tengah.

"Dalam kegiatan ini, kepada peserta lomba perpustakaan dapat lebih meningkatkan layanan perpustakaannya dan berinovasi untuk memajukan minat baca serta dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan," ucap Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

Lanjutnya, kepada peserta lomba kearsipan agar terus meningkatkan pengelolaan arsipnya baik arsip aktif, arsip inaktif dan arsip vital. Karena dengan pengelolaan dan penataan arsip yang baik dapat mempermudah dalam penemuan kembali untuk pengambilan keputusan.

Dapat dijadikan alat bukti juga apabila terjadi suatu masalah dan dijadikan alat pertanggungjawaban administrasi dan manajemen serta bisa dijadikan transparansi birokrasi.

"Baiknya, jika ada yang kurang baik sarana maupun prasarana, dapat dianggarkan ke bagian perencanaan dan keuangannya masing-masing. Untuk arsip baiknya menyediakan record center atau ruang penyimpanan khusus baik di OPD, sekolah dan desa/kelurahan yang tidak tergabung dengan aset-aset rusak dan non arsip," jelas Algafry.

Sementara itu, Bunda Baca Bangka Tengah, drg. Eva Algafry menuturkan, kepada pengelola perpustakaan sekolah baik tingkat SD/MI dan SMP/MTs untuk tetap bersemangat mengajak para siswa untuk berkunjung ke perpustakaan dan dapat berkegiatan di perpustakaan sekolah dibimbing oleh guru atau pengelola perpustakaannya.

"Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di perpustakaan, seperti mendengarkan cerita dongeng, mewarnai dan belajar menulis cerita pendek," ajak Eva sambil memotivasi pengelola perpustakaan dan para guru yang hadir.

Menurutnya, pengelola perpustakaan desa/kelurahan diharapkan mampu menciptakan kreativitas mulai dari jenis buku yang tersedia, tampilan perpustakaan yang menarik sehingga membuat masyarakat tertarik ke perpustakaan sebagai tempat belajar sehingga sumber daya manusia di Bangka Tengah semakin unggul.

"Bukan hanya membaca, namun bisa memahami, menelaah dan mengevaluasi untuk dapat berpikir kritis namun tidak cepat memberi reaksi penilaian," pesan Eva kepada peserta lomba.

Ia pun mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dan memberi motivasi kepada yang belum menang pada kesempatan lomba kali ini.

"Selamat kepada pemenang yang telah berhasil memperoleh juara pada hari ini. Jangan berkecil hati bagi yang belum menang, terus belajar terus bergerak untuk memperoleh yang terbaik," tutupnya.

Sebagai penggagas kegiatan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah, Irwandi, peserta lomba arsip diikuti sebanyak 227 peserta yang terdiri dari 32 OPD, 132 SD/Mi dan SMP/MTs serta 63 desa/kelurahan.

"Sedangkan untuk lomba perpustakaan diikuti 171 peserta, terdiri atas 100 SD/MI, 26 SMP/MTs dan 38 desa/kelurahan," jelasnya.

Lebih lanjut, kegiatan perlombaan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberikan apresiasi dan motivasi kepada penyelenggara kearsipan dan perpustakaan sekolah, desa/kelurahan dan OPD agar semakin baik dalam pengelolaan perpustakaan dan penataan kearsipannya.

Adapun pemenang untuk lomba perpustakaan adalah:

1. Tingkat SD/MI

Juara I MI Nurul Falah Pangkalan Baru

Juara II SDN 8 Koba

Juara III SDN 7 Namang

2. Tingkat SMP/MTs

Juara I SMP N 2 Koba

Juara II SMP N 2 Sungaiselan

Juara III SMP N 4 Simpang Katis

3. Tingkat desa/kelurahan

Juara I Kelurahan Simpang Perlang

Juara II Kelurahan Sungaiselan

Juara III Desa Pedindang Pangkalan Baru

Sementara itu, pemenang lomba kearsipan adalah:

1. Tingkat SD/MI dan SMP/MTS

Juara I SDN 17 Lubuk Besar

Juara II SDN 9 Pangkalan Baru

Juara III SDN 2 Koba

2. Tingkat desa/kelurahan

Juara I Desa Beruas

Juara II Desa Keretak

Juara III Desa Kulur

3. Tingkat OPD

Juara I Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan

Juara II Rumah Sakit Umum Daerah

Juara III Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah

Diakhir acara, dilakukan penyerahan trofi dan piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada pemenang lomba yang diserahkan oleh Bunda Baca didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Karina Ningsih

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Ristini