Home Berita Instansi dan Kementerian Semangat Serap Ilmu Baru, Petani dan Penyuluh Bangka Tengah Magang di BPP Lampung

Semangat Serap Ilmu Baru, Petani dan Penyuluh Bangka Tengah Magang di BPP Lampung

791
0
SHARE
Semangat Serap Ilmu Baru, Petani dan Penyuluh Bangka Tengah Magang di BPP Lampung

LAMPUNG SELATAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah melalui Dinas Pangan bekerja sama dengan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung menggelar kegiatan Magang Petani dan Penyuluh Sub Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan di Kecamatan dan Desa Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2022.

Mewakili Bupati Bangka Tengah, Plt Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Sajidin hadir bersama Kepala BPP Lampung, Abdul Roni Angkat dalam pembukaan kegiatan yang diadakan di Aula Kantor BPP Lampung, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (18/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama Pemkab Bangka Tengah dengan BPP Lampung dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan meningkatkan fungsi kelembagaan petani di bidang pertanian di Bangka Tengah.

Adapun peserta kegiatan magang yang berlangsung selama 5 hari ini berjumlah18 orang yang terdiri dari 7 orang penyuluh pertanian dan 11 orang petani yang berasal dari kecamatan se-Bangka Tengah.

Pada kesempatan ini, Sajidin menyampaikan rasa syukurnya terkait perkembangan pertanian di Bangka Tengah yang cukup baik.

"Alhamdulillah, kita patut bersyukur dan berbangga bahwa pembangunan pertanian di Bangka Tengah termasuk yang terdepan dibandingkan dengan kabupaten lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut Ia berharap agar kerja sama dengan BPP Lampung ini dapat terus ditingkatkan dan menginisiasi beberapa program yang harus dijalankan agar kualitas pertanian di Bangka Tengah semakin baik.

"Kita tentu berharap melalui kerja sama ini akan ada bantuan sarana dan prasarana untuk pengingkatan kapasitas dalam memberikan pelayanan di bidang pelatihan petani kepada masyarakat," jelasnya.

Tak lupa, Sajidin juga mengucapkan terima kasih kepada BPP Lampung yang telah memfasilitasi terselenggaranya magang ini dan selalu berupaya mewujudkan program-program dalam peningkatan kapasitas SDM pertanian di Bangka Tengah.

Menanggapi hal ini, Abdul Roni Angkat selaku Kepala BPP Lampung merasa senang menerima kehadiran para peserta magang dari Bangka Tengah dan berharap agar kegiatan ini berjalan lancar serta dapat memberikan manfaat bagi para peserta.

"Saya beserta seluruh staf mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang akan mengikuti kegiatan ini. Mudah-mudahan selama mengikuti kegiatan ini para peserta diberikan kelancaran," ujarnya.

Ia berharap agar peserta disini dapat berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini dan menjunjung tinggi profesionalisme sebagai tujuan pengembangan diri.

Ditemui usai kegiatan, salah satu peserta, Amel (28) yang merupakan penyuluh dari Kelurahan Padang Mulia Kecamatan Koba mengatakan pentingnya manfaat dari kegiatan ini.

"Saya pribadi merasa pelatihan magang seperti ini tentunya sangat penting bagi kami sebagai penyuluh ataupun para petani untuk menambah wawasan dan meningkatkan fungsi kelembagaan petani yang ada di masyarakat," ungkapnya.

Disela-sela pembukaan kegiatan ini dilakukan penyerahan plakat dari Pemkab Bateng kepada BPP Lampung sebagai simbol bentuk kerja sama dan juga dilakukan penandatangan MoU terkait Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Kecamatan dan Desa (Magang Penyuluh dan Petani).* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy