Home Berita Instansi dan Kementerian Seminar Parenting di Lubuk Besar, Bahas Pola Pengasuhan Anak

Seminar Parenting di Lubuk Besar, Bahas Pola Pengasuhan Anak

165
0
SHARE
Seminar Parenting di Lubuk Besar, Bahas Pola Pengasuhan Anak

Lubuk Besar – Seminar parenting “Pentingnya Pengasuhan Positif Terhadap Anak Usia Dini” termasuk dalam giat PAUD HI yang sedang digaung-gaungkan Kabupaten Bangka Tengah. Terkait hal ini, Ketua TP PKK Kabupaten Bangka Tengah, drg Eva Algafry menghadiri kegiatan seminar yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Lubuk Besar, Jumat (01/10/2021).

Menurutnya kegiatan ini adalah bentuk dukungan dari kegiatan tim gugus yang masing-masing ada di kecamatan. Salah satu buktinya yaitu dengan diadakannya kegiatan seminar parenting ini.

“Psikolog yang kita undang bisa langsung berinteraksi dengan para ibu di Kecamatan Lubuk Besar yang responnya sangat antusias terhadap kegiatan ini,” ujar Ketua TP PKK Bateng.

Eva Algafry berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi dan menjadi momen yang baik sekaligus bisa melatih anak agar ikut berperan aktif.

Mendatangkan Wahyu Kurniawan, M.Psi, selaku psikolog, Ia menekankan pentingnya mendidik anak sesuai dengan zamannya karena mereka hidup di zaman yang berbeda dengan orang tuanya dulu.

“Jangan pernah membandingkan anak satu dengan anak lainnya karena setiap anak memiliki pola dan irama perkembangan yang sangat individual. Untuk itu, berilah kesempatan dan waktu yang berbeda untuk anak dan remaja,” pesan Wahyu.

Ia menambahkan bahwasanya pola pengasuhan anak yang positif itu adalah pola pengasuhan yang ditandai dengan empati dan memiliki hubungan yang kuat antara orang tua dan anak-anaknya. Sebagai orang tua, sangat mungkin memiliki setidaknya satu gaya pengasuhan terhadap anak, bahkan ada orang tua yang memiliki lebih dari satu gaya pengasuhan terhadap anak. Setiap pola pengasuhan bakal terbentuk berdasarkan pendapat berbeda tentang menjadi orang tua, disiplin, dan perkembangan masa kecil anaknya.

"Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua dalam mengasuh anaknya antara lain tidak peduli kebutuhan dasar anak, memperlakukan anak seperti orang dewasa, dilayani terus menerus, dan selalu berkata "Ya",” paparnya seraya melanjutkan diskusi dengan peserta seminar.

Turut hadir dalam acara ini yakni Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Bateng, Bunda PAUD Kecamatan Lubuk Besar, Bunda PAUD Kelurahan/Desa Lubuk serta tim Psikolog Bangka Belitung.* (AGG/WEE/Foto:AGG)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah