Home Berita Terkini Serahkan Simbolis Bantuan Sarana Produksi Hortikultura, Algafry: Upaya Mendorong Perluasan Tanam dan Produktivitas

Serahkan Simbolis Bantuan Sarana Produksi Hortikultura, Algafry: Upaya Mendorong Perluasan Tanam dan Produktivitas

1,101
0
SHARE
Serahkan Simbolis Bantuan Sarana Produksi Hortikultura, Algafry: Upaya Mendorong Perluasan Tanam dan Produktivitas

Koba - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T. secara simbolis menyerahkan bantuan sarana pertanian kepada seluruh Gabungan Kelompak Tani (Gapoktan) se-Bangka Tengah.

Penyerahan bantuan yang digelar Selasa (14/09/2021) di halaman kantor Dinas Pertanian Bangka Tengah (Bateng) ini terdiri atas bantuan sarana produksi pupuk (pembenah tanah kapur pertanian dan kompos), fasilitasi benih hortikultura, sarana pengolahan hasil hortikultura dan polis Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) tahun 2021.

Sajidin, S.E., M.Si., selaku Kepala Dinas Pertanian Bateng dan penyelenggara kegiatan, menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati dan upayanya untuk membantu kebutuhan para petani di Kabupaten Bangka Tengah. Sajidin juga berharap bantuan bisa dimanfaatkan petani dengan sebaik-baiknya.

“Semoga dengan adanya penyerahan bantuan pada hari ini dapat meningkatkan produksi para petani sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup para petani,” ujar Sajidin.

Sementara itu Bupati Bateng mengatakan bahwa sebagai upaya mendorong pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Tengah, terutama sub sektor hortikultura dan peternakan, akan diselaraskan dalam bentuk kebijakan dan kontinuitas penyelenggaraan program dan ketahanan pangan secara kondusif.

“Penguatan pengembangan tanaman hortikultura di Kabupaten Bangka Tengah merujuk kepada penetapan kawasan pertanian nasional. Sinergitas dan pendampingan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah diwujudkan melalui fasilitasi bantuan sarana produksi pertanian sumber dana APBD Kabupaten Bangka Tengah tahun anggaran 2021. Bantuan ini berupa benih, kompos, kapur pertanian dan mulsa dalam rangka mendorong perluasan tanam dan peningkatan produktivitas tanaman hortikultura di Kabupaten Bangka Tengah terutama tanaman cabai merah dan bawang merah,” jelas Algafry.

Bantuan benih hortikultura sendiri disebut Algafry sebagai upaya mengurangi beban biaya produksi petani akibat dampak Covid-19 yang sudah terlaksana di Kabupaten Bangka Tengah sejak tahun 2020. Ia pun berharap hal ini dapat terus ditingkatkan dengan baik ditahun-tahun yang akan datang.

Di akhir acara dilakukan penyerahan secara simbolis alat pengolahan hasil komoditas hortikultura dengan sumber dana APBN Direktorat Jenderal Holtikultura Tahun Anggaran 2021 sebanyak 1 paket. Paket ini terdiri atas mesin continuous sealer, mesin penepung, mesin pengering, mesin deep drying diwakili oleh Poktan Subur Lestari Kelurahan Cambai Selatan Kecamatan Namang, serta penyerahan Polis AUTS yang diwakilkan Kelompok Tani Cinta Damai Desa Simpang Perlang Koba dan Kelompok Tani Tunas Maju II Desa Baskara Bakti Namang.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah beserta Staf, perwakilan Dinas Pangan, perwakilan petani dari masing-masing Poktan dan Gapoktan. *(UMM/APJ/Foto:QRY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah