Home Berita Terkini Silaturahmi FPK Provinsi Babel, Erfian: Sinergi dalam Penyelenggaraan FPK di Bateng

Silaturahmi FPK Provinsi Babel, Erfian: Sinergi dalam Penyelenggaraan FPK di Bateng

363
0
SHARE
Silaturahmi FPK Provinsi Babel, Erfian: Sinergi dalam Penyelenggaraan FPK di Bateng

Koba - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bangka Tengah gelar silaturahmi antara Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama FPK Kabupaten Bangka Tengah di ruang VIP Kantor Bupati Bangka Tengah, Rabu (08/09/2021).

Sebagaimana diamanahkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah bahwa penyelenggaraan pembauran kebangsaan menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh masyarakat serta difasilitasi dan dibina oleh pemerintah daerah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Toni H.A. Batubara mengatakan, untuk itu pembentukan kepengurusan FPK dimulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan serta Kelurahan/Desa.

"Kita berusaha sekuat tenaga dapat mewujudkan pembentukan FPK yang dimaksud sampai dengan jenjang yang paling bawah yakni desa/kelurahan," tutur Batubara.

Selain itu, diterangkan Batubara bahwa tujuan pertemuan ini juga untuk meningkatkan silaturahmi juga menjalin komunikasi dalam rangka menampung aspirasi, dimana eksistensi FPK ini diharapkan mampu menjadi salah satu upaya menciptakan iklim yang kondusif untuk menerima kemajemukan masyarakat dalan menjaga kesatuan dan persatuan.

Selaku Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T. mengatakan dalam sambutannya bahwa pembaruan kebangsaan adalah bagian penting dari kerukunan nasional yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Keberadaan FPK sangat penting sebagai upaya strategis untuk membentengi masyarakat dari segala pengaruh negatif dari luar dan memberikan pengetahuan serta penjelasan secara dini kepada generasi muda akan pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan menyikapi isu-isu menyangkut SARA yang berpotensi menyebabkan perpecahan di masyarakat,” ujar Erfian.

Lanjutnya, melalui koordinasi bersama Bakesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, FPK Kepulauan Bangka Belitung dapat bersinergi dengan FPK Bangka Tengah terkait penyelenggaraan FPK di Bangka Tengah.

"Terima kasih atas kunjungan di Kabupaten Bangka Tengah, semoga membawa berkah untuk kita semua. Saya harap dapat terjalin silaturahmi, menambah wawasan, menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial tanpa memandang etnis dan golongan serta menyuburkan proses pembaruan," harap Erfian.

Bertajuk "Serasi dalam Keberagaman Selaras dalam Kebhinekaan” pertemuan ini diikuti oleh Pengurus FPK Bangka Tengah yang dikukuhkan pada tanggal 10 Agustus lalu beserta Pengurus FPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* (RIN/APJ/Foto:AGG)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah