Home Berita Terkini Sinergi Program Pengembangan Komoditas Bawang Merah di Kabupaten Bangka Tengah

Sinergi Program Pengembangan Komoditas Bawang Merah di Kabupaten Bangka Tengah

908
0
SHARE
Sinergi Program Pengembangan Komoditas Bawang Merah di Kabupaten Bangka Tengah

Lubuk Besar - Kelompok Tani Karya Gemilang Desa Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar Bangka Tengah kali ini menjadi lokasi Temu Petani untuk penerima manfaat kegiatan pengembangan tanaman cabai merah dan bawang merah, Senin, (02/11/2020). Di sini digelar juga peletakan batu pertama pembangunan sarana pasca panen bawang merah dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2020.

Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, SE., MM., yang turut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya pada Bangka Tengah sebagai salah satu sentra cabai merah dan bawang merah di Bangka Belitung.

"Komoditas bawang ini merupakan salah satu komoditas yang cocok dikembangkan di Babel. Selain komoditi bawang merah, kami berharap Bapak/Ibu juga bisa mengembangkan komoditi lainnya," harapnya.

Pada kesempatan itu, Deri, selaku Ketua Kelompok Tani (Poktan) Desa Simpang Perlang menyampaikan secara langsung kepada Gubernur Babel tersebut terkait kendala yang dihadapi petani bawang merah di Bangka Tengah.

“Kendala yang dihadapi adalah lahan produktif bawang merah dirasa kurang cukup luas, terutama lahan produktif yang ada sumber airnya,” ungkap Deri mewakili Kelompok Tani Tumbuh Berhasil.

Menjawab permasalahan tersebut, Erzaldi menyarankan agar membangun kemitraan dengan pemilik lahan sekitar agar dapat dikelola untuk dapat memenuhi permintaan atas kurangnya lahan. Menurutnya, komoditas bawang merah memang merupakan komoditas baru di Babel sehingga perlu diperhatikan strategi mulai dari masa tanam sampai kepada strategi pemasarannya.

Pada kegiatan tersebut, Erzaldi bersama Forkopimda Bangka Tengah melakukan simbolis penanaman bibit bawang merah dan melakukan peletakan batu pertama pembangunan sarana pasca panen bawang merah dari program PSBI 2020, dilanjutkan pembagian bantuan alat dan mesin pertanian.

Hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel)  yang diwakili Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kep. Babel, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kep. Babel, Kepala Dinas Pertanian Bateng, Kepala Dinas Pangan Bateng, Camat lubuk Besar, Kapolsek Lubuk Besar, Danramil 04/Koba, Kepala Desa Lubuk Pabrik dan Lubuk Besar, para Penyuluh pertanian se-Lubuk Besar, Ketua Gapoktan Lubuk Pabrik dan Lubuk Besar beserta para anggota.* (RIS/APJ/Foto:RIN)




























 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah