Home Berita Terkini Sinergitas Pemkab Bateng dengan Pelaku Usaha Udang di Kabupaten Bateng

Sinergitas Pemkab Bateng dengan Pelaku Usaha Udang di Kabupaten Bateng

110
0
SHARE
Sinergitas Pemkab Bateng dengan Pelaku Usaha Udang di Kabupaten Bateng

Koba - Bupati Bangka Tengah Yuliyanto Satin, SE.,MM., membuka rapat pembahasan kelengkapan dokumen perizinan perusahaan tambak udang di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bertempat di Ruang Rapat VVIP Kantor Bupati, Selasa (26/01/2021).

Ia menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) memberi kesempatan dan peluang seluas-luasnya kepada pelaku usaha untuk berinvestasi di Bangka Tengah.

"Kami menyambut baik dan membuka peluang untuk investor-investor yang akan berinvestasi di Bangka Tengah tak terkecuali di sektor perikanan yakni tambak udang. Agar bisa menjalin kerjasama yang baik sehingga tercipta keselarasan yang saling menguntungkan kedua belah pihak," ungkap Yuliyanto.

Bupati Bateng melanjutkan, tidak mudah mengubah paradigma masyarakat yang selama ini mengandalkan sektor perkebunan. Untuk itu, kehadiran pelaku usaha untuk membuka usaha di sektor perikanan tentu tidak tidak mudah.

"Saya berharap dengan adanya pertemuan ini, kita dapat membangun dialog terbuka guna menyuarakan pendapatnya mengenai kendala-kendala yang dihadapi. Sehingga sampai pada pemecahan masalah yang dapat membawa manfaat yang baik pula untuk kedua belah pihak," katanya.

Yuliyanto menjelaskan, jika sistem perizinan di suatu daerah baik, maka tidak menutup kemungkinan cita-cita yang kita harapkan dapat tercapai.

"Untuk itu, segala hal yang perlu dilengkapi seperti beberapa dokumen usaha tambak untuk dapat ditindaklanjuti. Kami sebagai pemangku kepentingan, tidak akan menghambat dalam hal proses perizinan. Pemkab Bateng sendiri saat ini telah mengajukan Raperda terkait hal itu sehingga ke depan sudah ada payung hukum yang jelas berkenaan dengan hal tersebut," ungkapnya.

Ia melanjutkan, pelaku usaha tambak yang ada di Bangka Tengah juga telah melibatkan masyarakat sekitar dengan merekrut tenaga kerja dalam membantu proses pengelolaan di tambak udang.

"Terima kasih untuk pelaku usaha karena tambak udang yang telah beroperasi sudah menciptakan lapangan kerja bagi mereka (masyarakat sekitar-red)," tutup Yuliyanto.

Dialog terbuka antara pelaku usaha tambak udang dan Pemkab Bateng dilakukan pembahasan lebih lanjut diantaranya kesiapan pelaku usaha untuk melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kendala-kendala di lapangan dan berbagi masukan serta pendapat masing-masing mengenai perkembangan usaha tambak udang di Bangka Tengah kedepannya.* (RIN/WEE/Foto: UMM)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah