Home Berita Terkini Sosialiasasi Gerakan Bergendank Cegah Anak Kecanduan Gadget

Sosialiasasi Gerakan Bergendank Cegah Anak Kecanduan Gadget

54
0
SHARE
Sosialiasasi Gerakan Bergendank Cegah Anak Kecanduan Gadget

Simpang Katis - Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah menghadiri giat sosialisasi gerakan Bergendank (Bersama Mengendalikan Penggunaan Gadget Pada Anak) yang dicetuskan oleh Kecamatan Simpang Katis, di GSG Simpang Katis, Kamis (06/05/2021).

Dengan mengundang narasumber psikolog, Silmika Wijayanti, sosialisasi ini merupakan upaya mengatasi penggunaan screen (gadget dan televisi) yang berlebihan pada anak. Saat ini rata-rata anak Indonesia menggunakan gadget meliputi handphone, tablet, laptop dan media visual lainnya selama kurang lebih 9 jam sehari yang akan berdampak pada perkembangan anak.

Drg. Eva Algafry selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah yang hadir pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Camat Simpang Katis beserta seluruh jajarannya yang telah menciptakan Gerakan Bersama Mengendalikan Penggunaan Gadget Pada Anak  atau Bergendank ini.

"Hadirin sekalian, mari kita bersama wujudkan gerakan ini menjadi gerakan yang nyata bukan hanya sebatas komitmen saja, mulailah bergerak dimulai dari hal-hal kecil saja agar menciptakan generasi yang sehat fisik, sehat mental serta berakhlak mulia,” tutur Eva.

Sementara itu Wakil Ketua 1 TP-PKK Kabupaten Bangka Tengah, Herlina Erfian menambahkan bahwa kegiatan hari ini sangat baik dan inovatif. Ia juga berharap agar kegiatan ini bisa dilaksanakan oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir untuk kemudian menyebarluaskan kembali ke masyarakat luas.

"Dengan doa kita bersama disertai gerakan yang nyata, gerakan Bergendank ini dapat membuka pikiran orang tua dan tenaga pengajar untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan screen tersebut,” tambahnya.

Camat Simpang Katis, Roy Haris yang merupakan pencetus ide gerakan ini menjelaskan bahwa deklarasi Bergendank ini dilatarbelakangi penggunaan gadget yang berlebihan pada anak karena BDR (Belajar Dari Rumah) atau sekolah daring. Dalam kondisi ini kebanyakan orang tua belum membatasi, kurang mengawasi penggunaan gadget dan belum sadar akan bahayanya.

“Untuk memaksimalkan kegiatan Bergendank ini, kami dari Kecamatan Simpang Katis akan memberdayakan organisasi kemasyarakatan seperti PKK, PAUD, Karang Taruna , Irmas dan sebagainya.” pungkas Roy.

Turut hadir Ketua DWP Bangka Tengah, Danramil, Ketua TP-PKK Kecamatan beserta anggota, Kepala Puskesmas Simpang Katis, para Kades, perwakilan Lembaga PAUD dan warga setempat.*

(FEK/APJ/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Mohon maaf saat ini website sedang dalam pemeliharaan. Untuk melihat dokumentasi kegiatan, silakan kunjungi media sosial kami:

https://www.facebook.com/dinaskominfosta.bateng.3/

https://twitter.com/dinaskominfosta

https://www.instagram.com/dinaskominfosta_bateng/