Home Daerah Sosialisasi FKUB Bidang Keagamaan, Cegah Paham Radikalisme, Intoleran dan Terorisme di Bangka Tengah

Sosialisasi FKUB Bidang Keagamaan, Cegah Paham Radikalisme, Intoleran dan Terorisme di Bangka Tengah

307
0
SHARE
Sosialisasi FKUB Bidang Keagamaan, Cegah Paham Radikalisme, Intoleran dan Terorisme di Bangka Tengah

Pangkalan Baru - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka Tengah serta Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar Sosialisasi FKUB Bidang Keagamaan dengan Tema “Guna Memberikan Pemahaman Kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda dalam Rangka Mencegah Terpaparnya Paham Radikalisme, Intoleran dan Terorisme di Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah”, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan Pangkalan Baru, Selasa (25/01/2022).

Dalam kesempatan ini Camat Pangkalan Baru Roy Haris mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silahturahmi antar pemeluk agama sekaligus Sosialisasi FKUB bidang keagamaan di Kecamatan Pangkalan Baru.  

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Kecamatan Pangkalan Baru sangat mendukung kegiatan seperti ini untuk selalu digelar agar memberikan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat kondisi saat ini paham radikalisme, intoleransi dan terorisme yang berkembang di masyarakat secara terselubung tumbuh tanpa kita sadari bersama,” jelas Roy Haris.

Menurutnya, untuk menjalin kebersamaan ditengah keberagaman yang ada sangatlah diperlukan dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Ini bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab aparat TNI/ POLRI saja, melainkan menjadi tugas dan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat.

Lebih lanjut Roy Haris mengharapkan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk membangun Kabupaten Bangka Tengah khususnya Kecamatan Pangkalan Baru.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Dir Intelkam Polda Babel AKBP Aris mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menekan bahkan menghilangkan potensi-potensi munculnya sikap intoleransi, radikalisme dan terorisme baik secara individu maupun kelompok yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Tengah.

“Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan selalu mengedepankan pluralisme dan kebebasan beragama. Hal ini menjadi tanggung jawab kita semua, seluruh elemen masyarakat, bersama-sama kita tanggulangi dan kita cegah munculnya sebuah embrio yang mengarah kepada intoleransi, radikalisme dan terorisme. Tiga hal ini harus kita waspadai karena selalu berkaitan dengan unsur agama,” kata AKBP Aris.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama mencegah dan menanggulangi munculnya potensi dan paham intoleransi, radikalisme dan terorisme baik secara individu maupun kelompok yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Tengah.

Di akhir acara dihasilkan 3 (tiga) Pernyataan Sikap yang berisi :

Kami FKUB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan FKUB Kabupaten Bangka Tengah bersama dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda menyatakan sikap:

(1) Menolak Paham Radikalisme, Intoleransi dan Terorisme di Kabupaten Bangka Tengah,

(2) Tidak akan mudah terprovokasi setiap isu yang dapat memecah belah persatuan antar umat beragama,

(3) Mendukung Pemerintahan dan TNI/ POLRI dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua FKUB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua FKUB Kabupaten Bangka Tengah, Kanwil Kemenag Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Desa se-Kecamatan Pangkalan Baru, Lurah Dul, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda se-Kecamatan Pangkalan Baru beserta tamu undangan lainnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi HP

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotograper: Yudi HP