Home Berita Terkini Sosialisasi Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Algafry Optimalkan Potensi Kelautan Bateng

Sosialisasi Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Algafry Optimalkan Potensi Kelautan Bateng

329
0
SHARE
Sosialisasi Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Algafry Optimalkan Potensi Kelautan Bateng

Pangkalan Baru - Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah menggelar Sosialisasi Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bagi Usaha Pengolahan dan Pemasaran Skala Mikro dan Kecil dengan tema "Kabupaten Bangka Tengah Menuju UPI (Unit Pengolahan Ikan) Ber-SKP (Sertifikat Kelayakan Pengolahan)", dilaksanakan di Resto Ayam Jabrik Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, Kamis (26/08/2021).

Tujuan pelaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan arahan dan informasi kepada para pelaku usaha pengolah hasil perikanan tentang bagaimana cara untuk mendapatkan SKP (Sertifikat Kelayakan Pengolahan) agar hasil olahannya bisa terjamin mutu dan keamanannya.

Algafry Rahman, ST., selaku Bupati Bangka Tengah dalam kesempatan ini mengatakan bahwa sumber daya alam sektor kelautan dan perikanan merupakan suatu potensi yang dapat dijadikan sebagai modal kehidupan. Potensi sumber daya alam kelautan dan perikanan yang besar ini sangat strategis untuk mendukung upaya sektor perikanan khususnya dalam peningkatan konsumsi ikan yang bermutu. Ini adalah satu aset yang dimiliki daerah dalam memenuhi kebutuhan konsumsi ikan bagi masyarakat.

Menurutnya, potensi perikanan dan kelautan yang belum tersentuh secara optimal maka dari itu diperlukan diverifikasi produk yakni salah satu wujud dari penerapan ide-ide kreatif, inovatif, dan aplikatif dimasyarakat. Pada intinya diverifikasi merupakan suatu proses pengembangan produk melalui penganekaraganan bentuk, cita rasa dan segala atribut yang melekat pada suatu produk melalui verifikasi juga merupakan salah satu usaha menjawab ketahanan pangan.

"Adanya sosialisasi ini agar bisa membantu para pelaku usaha untuk mempunyai sertifikat halal dengan kemasan yang terjamin dan sehat kelayakkannya," tegas Algafry.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Taufik, SP., MM., bersama Plt.Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Ka.UPTD LPPMHP (Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan) Pangkalpinang sebagai narasumber.

Menurut Taufik, SP.,MM., kegiatan sosialisasi ini cara untuk mendapatkan SKP agar bisa menjaga produk perikanan itu sendiri.

“Jika tidak ada SKP atau sertifikat halal para pelaku usaha tidak bisa menjual olahannya maka dari itu  Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah melakukan sosialisasi ini,” terangnya.

Taufik berharap kepada para pelaku usaha agar semuanya mempunyai sertifikat, kesehatan dan kelayakan tempat usahanya. Ia juga berharap semoga para peserta paham dengan materi yang dijelaskan oleh narasumber.

Melalui kegiatan pembinaan ini diharapkan dapat semakin mendorong pelaku usaha home industry dalam mengolah hasil perikanan untuk menghasilkan produk olahan ikan yang bernilai jual tinggi dan berdaya saing.

Disela giat ini dilakukan penyerahan penerima manfaat bantuan sarana pengolahan hasil perikanan. Pemberian fasilitas bagi pelaku usaha perikanan skala mikro dan kecil untuk satu daerah kabupaten/kota tahun anggaran 2021 yakni paket pengolahan ikan kepada 5 kelompok usaha berupa mesin penggiling ikan, continuous sealer, timbangan digital, mesin spinner, chest freezer, coolbox, wajan hand sealer kompor + tungku; paket perebusan ikan diberikan kepada 1 kelompok usaha berupa rak penirisan, para - para jemuran, tangki air  dan paket Ches Frceter kepada 1 kelompok usaha.

Acara ini dihadiri oleh Plt.Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ka.UPTD LPPMHP (Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan) Pangkalpinang, LPPMHP Pangkalpinang, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Stafsus, para penyuluh perikanan, pelaku usaha pengolahan hasil ikan. Pelaksanaan kegiatan ini dibiayai oleh sumber pendanaan APBD Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah Tahun Anggaran 2021.* (UMM/WEE  /Foto:MRT)

Sumber : Dikominfosta Bangka Tengah