Home Berita Terkini Sosialisasi Peran dan Fungsi Perdata dari Kejari Bangka Tengah

Sosialisasi Peran dan Fungsi Perdata dari Kejari Bangka Tengah

138
0
SHARE
Sosialisasi Peran dan Fungsi Perdata dari Kejari Bangka Tengah

Bangka Tengah - Bupati Algafry Rahman, S.T., menghadiri acara Sosialisasi Peran dan Fungsi Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Selasa (06/07/2021) di ruang rapat VIP, Kantor Bupati Bangka Tengah.

Membuka acara, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Dahabuddin M, S.H., M.H., menerangkan bahwa selama ini orang memandang dalam melakukan tugas dan fungsi kejaksaan hanyalah tugas dan kewenangan dibidang penuntutan saja baik penuntutan umum atau penuntutan khusus, akan tetapi lebih luas dari itu semua adalah melaksanakan tugas dan wewenang di bidang perdata dan tata usaha negara.

“Sebagaimana diamanatkan dalam pasal 30 ayat (2) Undang-undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Kejaksaan Republik Indonesia yang menyatakan bahwa di bidang perdata dan tata usaha negara kejaksaan dengan kuasa khusus dapat bertindak baik di dalam maupun di luar pengadilan untuk dan atas nama negara atau pemerintah dan dengan adanya sosialisasi ini kita bisa lebih tahu dalam tugas kami terutama masyarakat," ucap Dahabuddin.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah mengatakan dengan adanya tugas dan kewenangan tersebut pemerintah daerah merasa terbantu di bidang perdata dan tata usaha negara ini, yakni dapat membantu meringankan beban tugas pemerintah daerah, mengingat tuntutan tugas dan fungsi ke depan tidaklah mudah.

“Hal tersebut sejalan dengan semakin maju dan berkembangnya zaman yang semakin sulit dijangkau oleh kita. Perubahan tersebut merupakan suatu rangkaian bagaimana pemerintah daerah mewujudkan good governance dan clean government, untuk itulah pemerintah daerah memandang perlu melakukan sosialisasi kepada aparatur pemerintah daerah khususnya dalam kaitannya dengan pendampingan kegiatan yang selama ini berjalan dengan baik antara pemerintah daerah dengan Kejaksaan Negeri Bangka Tengah," jelas Algafry.

Pada kesempatan itu Algafry juga berharap terjalinnya harmoni dan sinergi dengan aparatur penegak hukum khususnya Kejaksaan Negeri Bangka Tengah sehingga bisa membangun kerja sama yang erat dan komprehensif.

“Kita dalam bersinergi dalam pengawalan proyek strategis pemerintah daerah yakni berbagai bentuk seperti penerangan hukum, pendampingan konsultasi, dan monitoring yang diharapkan dapat mencegah perbuatan yang bersifat penyimpangan terhadap hukum administrasi, hukum perdata, hukum pidana, serta mendorong dan memajukan percepatan program-program pembangunan strategis daerah di Kabupaten Bangka Tengah ini," tambahnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh Daniel Simanjuntak, S.H., M.H. selaku Kepala Seksi Perdata Dan Tata Usaha Negara sebagai narasumber untuk memberikan paparan wawasan tentang peran dan fungsi hukum perdata dan tata usaha negara bagi lembaga dan instansi pemerintah melalui presentasi dan dialog bersama.

Turut dihadiri oleh Sekda Bangka Tengah, Staff Ahli, para Asisten, Inspektur Daerah, seluruh OPD, juga Sekretaris DPRD. * (DDY/APJ/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah