Home Daerah Taman Edukasi Toga Desa Namang Diresmikan, Wujud Kolaborasi PKK dan Mahasiswi Unimugo

Taman Edukasi Toga Desa Namang Diresmikan, Wujud Kolaborasi PKK dan Mahasiswi Unimugo

438
0
SHARE
Taman Edukasi Toga Desa Namang Diresmikan, Wujud Kolaborasi PKK dan Mahasiswi Unimugo

NAMANG – Setelah menghadiri peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Bangka Tengah, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry, menyempatkan diri untuk mengunjungi Taman Edukasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) Desa Namang, Selasa (26/10/20223) siang.

Didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD Bangka Tengah, Ketua TP-PKK Kecamatan Namang, Ketua TP-PKK Desa Namang, dan Camat Namang, Eva memotong pita tanda diresmikannya Taman Edukasi Toga Desa Namang.

Taman Edukasi Toga Desa Namang ini merupakan salah satu bentuk realisasi program pengabdian masyarakat oleh mahasiswi Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Gombong (Unimugo), Jawa Tengah. Beberapa tanaman terlihat tumbuh segar, seperti tanaman jahe merah, lengkuas, kunyit, cabai, dan lainnya.

Eva mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gombong yang telah memberikan kontribusi besar kepada masyarakat Desa Namang.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada TP-PKK Desa Namang atas pengaplikasian secara langsung mengenai 10 Program Pokok PKK, salah satunya pada Pokja 3. Terima kasih juga mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gombong yang telah membantu TP-PKK Desa Namang dalam menyejahterakan keluarga melalui terciptanya Taman Edukasi Toga ini,” tutur Eva.

Ia berharap agar Taman Edukasi Toga Desa Namang bisa menjadi panutan bagi desa lainnya.

“Kita lihat di sini banyak sekali Toga yang bisa dimanfaatkan dan saat ini memang masih terpusat di satu tempat. Kita harap nanti di tiap desa maupun rumah juga punya Toga yang bisa dimanfaatkan khususnya untuk keluarga masing-masing,” ucap Eva.

Tak sampai di situ, mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gombong juga membuat inovasi lain yakni Kue Bolu Pucuk Ubi. Menggunakan pucuk ubi (daun tanaman singkong) sebagai bahan dasar dan pewarna alami, kue bolu ini memiliki cita rasa unik yang tak kalah lezat dengan bolu lainnya.

Siti Nurhasanah (21), salah seorang mahasiswi Unimugo, mengungkapkan rasa bangga atas terwujudnya program pengabdian kepada masyarakat Namang. Ia bersama enam temannya melaksanakan pengabdian di Desa Namang selama kurang lebih 2 bulan.

“Tujuan kami membuat Taman Edukasi Toga yaitu untuk memajukan PKK di Desa Namang dan juga memberikan motivasi kepada ibu-ibu khususnya masyarakat Desa Namang untuk bisa menanam Toga, yang banyak manfaatnya ini, di halaman rumah mereka masing-masing. Selain itu kue bolu Pucuk Ubi juga bisa dijadikan makanan atau cemilan pengganti apabila anak-anak bosan dengan makanan yang itu-itu saja,” kata Siti.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah



Penulis: Deanty N.

Editor: Asti P.

Fotografer: Prayogi J.