Home DWP Tambah Keterampilan Anggota, DWP Bangka Tengah Gelar Pelatihan Ecoprint

Tambah Keterampilan Anggota, DWP Bangka Tengah Gelar Pelatihan Ecoprint

146
0
SHARE
Tambah Keterampilan Anggota, DWP Bangka Tengah Gelar Pelatihan Ecoprint

Koba - Pengembangan ekonomi kreatif dengan pelatihan ecoprint menjadi tema pada kegiatan sosialisasi pada Bidang Ekonomi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) yang diselenggarakan di Sekretariat DPW Bateng, Selasa (08/11/2022).

Ecoprinting adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang, atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu. Teknik ini merupakan hasil perkembangan dari teknik ecodyeing, yaitu pewarnaan kain dari alam.

Ketua DWP Bateng, Elshinta Sugianto, mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk bersilaturahmi juga untuk menambah ketrampilan pengurus dan anggotanya.

"Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan Ecoprint yang diberikan oleh Bu Wiwik bisa menambah keterampilan anggota DWP, dan lebih bagus lagi kalau bisa dipraktikkan di rumah, bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa menambah pemasukan keuangan," jelas Elshinta.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada penasehat DWP Bangka Tengah, Eva Algafry, yang selalu hadir dan sangat mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh DWP.

Sementara itu Tata, salah satu pengurus DWP Bateng, mengatakan ketertarikannya dengan pelatihan Ecoprint tersebut. Menurutnya, jika usaha tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

"Kalau saya secara pribadi ingin mencoba Ecoprint ini. Kalau kita lakukan secara serius usaha ini sangat menjanjikan baik dari segi pemasaran maupun dari segi ekonomi," kata Tata.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Eva Algafry selaku Penasehat DWP Kabupaten Bangka Tengah, juga menghadirkan narasumber Wiwik Ari Suryanti dan diikuti oleh pengurus dan anggota DWP Bateng. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Ristin

Editor: Asti P.

Fotografer: Ristin