Home Berita Instansi dan Kementerian Tanam Bibit Pohon di Batu Beriga, Wabup Bangka Tengah Bicarakan Warisan Masa Depan

Tanam Bibit Pohon di Batu Beriga, Wabup Bangka Tengah Bicarakan Warisan Masa Depan

219
0
SHARE
Tanam Bibit Pohon di Batu Beriga, Wabup Bangka Tengah Bicarakan Warisan Masa Depan

LUBUK BESAR – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah turut hadir dalam kegiatan karya bakti penanaman pohon dalam rangka Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat Tahun 2023 dengan tema TNI AD Bersama Rakyat, Bersatu dengan Alam untuk NKRI. Kegiatan ini berlangsung di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kamis (14/12/2023).

Selain aksi penanaman pohon dan pembersihan lingkungan, juga dilakukan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan dan santunan anak yatim di lingkungan Desa Batu Beriga.

Dalam sambutannya, Dandim 0413/Bangka, Kolonel Arm. Firstya Andrean Gitrias mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat mengikuti kegiatan karya bakti penanaman pohon di lahan kosong yang bertujuan untuk mencegah banjir dan meningkatkan estetika. Kegiatan ini digelar secara serentak dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2023 di seluruh jajaran TNI AD," ucapnya.

Kolonel Arm. Firstya juga berharap kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat di masa mendatang, baik untuk konservasi lingkungan hidup dan pengembangan ekowisata.

"Apabila lingkungan hutan berkembang, lahannya akan asri dan dapat berkembang menjadi destinasi wisata baru. Dengan munculnya destinasi wisata baru, maka akan menjadi sumber perekonomian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa menanam bibit pohon tentu menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki lingkungan.

"Ini juga sebagai upaya pelestarian ekosistem hutan maupun merehabilitasi kembali lahan bekas tambang," tutupnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Bangka Tengah, Era Susanto, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam aksi penanaman pohon di wilayah Batu Beriga kali ini.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan penanaman pohon serentak bersama Kodim 0413/Bangka di Lahan Desa Batu Beriga dengan harapan bumi kembali hijau. Pelestarian alam ini bukanlah sebuah masalah kecil, karena menyangkut masa depan anak, cucu, dan cicit, di masa depan," ujarnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk merawat alam, jangan asal tebang pohon yang bisa mengakibatkan bencana banjir.

"Ini juga sebagai pencegahan kita terhadap bencana banjir. Mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan hari ini, mulai dari gotong royong, menanam pohon, dan peduli lingkungan, dapat menjadi contoh bagi masyarakat Desa Batu Beriga untuk bersama-sama berkomitmen menjaga dan merawat lingkungan di sekitar kita," imbuhnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Redoh Soniman

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Dody Firmansyah