Home Berita Instansi dan Kementerian Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu, Algafry Harap Pemilu 2024 di Bangka Tengah Berjalan Lancar

Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu, Algafry Harap Pemilu 2024 di Bangka Tengah Berjalan Lancar

661
0
SHARE
Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu, Algafry Harap Pemilu 2024 di Bangka Tengah Berjalan Lancar

KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bantuan keuangan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah 2024 bersama Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Supendi Saputra, dan Ketua Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Tengah, Marhaendra Yuliansyah.

Berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bangka Tengah (Bateng), Selasa (07/11/2023), prosesi penandatanganan ini disaksikan oleh Wakil Bupati Bateng, Era Susanto, Ketua DPRD Bateng, Me Hoa, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pittor, Kepala Bakesbangpol Bateng, Samsul Komar, dan pimpinan organisasi pemerintah daerah di Bateng yang terkait dengan pelaksanaan Pilkada.

Sebagai informasi, NPHD yang disalurkan Pemkab Bateng kepada KPU sebesar Rp22.510.436.000,00 dan Bawaslu menerima sebesar Rp7.156.287.000,00. Penyaluran dana hibah berlangsung dalam 2 tahap, yaitu penyaluran tahap 1 pada tahun 2023 dengan rincian KPU menerima Rp11.230.295.600,00 atau 49,89% dan Bawaslu menerima dana sebesar Rp2.862.514.800,00 atau 40%.

Sedangkan penyaluran dana hibah tahap 2 sebesar Rp11.280.140.400,00 atau 50,11% untuk KPU dan Rp4.293.772.200,00 atau 60% untuk Bawaslu, dan akan disalurkan pada tahun 2024.

Bupati Bateng, Algafry Rahman, menyampaikan jika penandatanganan NPHD ini adalah realisasi komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bateng dalam mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan proses dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bateng yang akan dilaksanakan serentak secara nasional pada tahun 2024.

“Melalui pemberian dana hibah ini saya berharap seluruh tugas Bawaslu dan KPU Bateng dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2024 dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti,” ungkap Algafry.

Lebih lanjut, Ia menekankan bahwa dana hibah ini harus dipergunakan secara transparan dan harus didukung dengan administrasi yang tertib sehingga dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

"Saya apresiasi kepada KPU dan Bawaslu terkait rancangan anggaran yang sudah tepat. Saya harap anggaran ini bisa dimaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Algafry berharap dengan penandatanganan NPHD ini, Pemkab Bateng, KPU, dan Bawaslu dapat berkolaborasi dengan baik untuk menyukseskan tahapan-tahapan pemilu yang ada di Bangka Tengah.

Ketua KPU Bateng, Supendi Saputra, menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemkab Bateng dan semua instansi terkait dalam tercapainya penandatanganan NPHD ini.

“Alhamdulillah, penandatanganan NPHD telah dilaksanakan pada hari ini. Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Bupati beserta jajarannya atas dukungan ini dan kita berharap pemilu nanti akan terselenggara dengan baik di Bangka Tengah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah mengatakan bahwa anggaran ini sudah dibahas dan disesuaikan dengan kebutuhan pengawasan pemilu.

"Total NPHD yang disalurkan ke Bawaslu Bateng yakni sebesar sekitar 7 miliar rupiah dan ini kita rasa cukup sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

Ia juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi dukungan penuh anggaran Pilkada dari Pemkab Bateng.

"Setiap 1 sen yang kami terima, akan kami pertanggungjawabkan penggunaan anggarannya. Dan ini semua akan kita gunakan dalam setiap tahapan-tahapan pengawasan pemilu agar tercipta pemilu yang adil, jujur, dan lancar di Bangka Tengah," ujar Marhaendra.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi Januardi