Home Berita Terkini Temu Lapang Bupati Bateng dengan Penyuluh Pertanian se-Bateng

Temu Lapang Bupati Bateng dengan Penyuluh Pertanian se-Bateng

168
0
SHARE
Temu Lapang Bupati Bateng dengan Penyuluh Pertanian se-Bateng

Namang - Berlokasi di Kelompok Tani Pacir Jaya, Kecamatan Namang, Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah gelar Temu Lapang bersama Penyuluh Pertanian se-Bangka Tengah, Rabu (15/07/2020).

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh mengungkapkan apresiasinya atas kerja keras dan kerja cerdas para penyuluh pertanian beserta dinas yang menaungi, baik Dinas Pertanian maupun Dinas Pangan.

"Sudah banyak panen yang kita laksanakan meskipun pandemi Covid-19, karena para penyuluh sudah bisa memanfaatkan teknologi dengan vidcon (video conference), penyuluhan masih bisa berjalan lancar meskipun tidak bertatap muka. Terima kasih banyak kepada para penyuluh dan dinas yang sudah kerja keras kerja cerdas dalam menyejahterakan petani," tutur Ibnu.

Pada kesempatan itu, orang nomon satu di Bangka Tengah ini juga menyarankan adanya evaluasi apakah jumlah para penyuluh telah sesuai dengan kapasitas lahan pertanian yang makin meluas. Ia menyarankan jika memang perlu, jumlah penyuluh di Bangka Tengah ini bisa ditambah lagi. Ibnu Saleh juga menekankan kepada penyuluh untuk gencar sosialisasi akan hasil-hasil inovasi yang selama ini telah ditemukan, antaranya pupuk organik MA-11.

"Inovasi, apa yang kita perbuat selama ini mungkin belum semua tersalurkan ke masyarakat. Jadi diharapkan ada percepatan sosialisasi. Tambahan anggaran untuk demplot-demplot (lahan percontohan-red) untuk dilaksanakan dan harus ditingkatkan," tegas Ibnu.

Pertemuan yang berlangsung hangat ini juga mempersilakan para penyuluh untuk menyampaikan aspirasinya serta menunjukkan sejauh mana kemajuan yang telah dilakukan. Termasuk adanya beras merah produksi Poktan Pacir Jaya yang dipertunjukkan kepada Bupati.

Ibnu Saleh selanjutnya memotivasi agar contoh produksi beras merah ini ditingkatkan produktivitas dan kualitasnya agar mampu bersaing dengan daerah lainnya. Kerja sama yang baik harus dijalin dengan Disperindagkop-UKM, meningkatkan CSR, dan perbaikan mutu sehingga harga bersaing.

"Sudah waktunya kerja sama semakin erat dengan Disperindag ya, jadi kita ubah fokus kita bukan hanya produktivitas saja, tapi juga kualitas. Termasuk kemasan juga pemasaran, nanti dipelajari lebih lanjut," pungkas Ibnu dengan semangat.

Turut hadir dalam acara Temu Lapang ini, Kepala Dinas Pangan, Edi Romdhoni, SP. MM., Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, SE. M.Si., Camat Namang, Ema Febriyarti, S.STP., Ketua Poktan Pacir Jaya, Jailani, dan para penyuluh pertanian se-Bangka Tengah.* (APJ/WEE/Foto:MRT/WKN)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah