Home Berita Terkini Temu Lapang PPL se-Bangka Tengah, Herry Erfian: Kami Bangga, Tingkatkan dan Teruskan Inovasinya

Temu Lapang PPL se-Bangka Tengah, Herry Erfian: Kami Bangga, Tingkatkan dan Teruskan Inovasinya

69
0
SHARE
Temu Lapang PPL se-Bangka Tengah, Herry Erfian: Kami Bangga, Tingkatkan dan Teruskan Inovasinya

Koba - Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T. hadiri kegiatan Pertemuan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Bangka Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Dinas Pangan Bangka Tengah di Kantor Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kamis (16/09/2021).

Erfian menyampaikan keinginannya agar pertemuan PPL se-Bangka Tengah ini menjadi sarana bertukar ilmu dan aspirasi antara penyuluh serta dinas terkait. Ia juga mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas para penyuluh pertanian bersama Dinas Pertanian maupun Dinas Pangan.

"Kami bangga melihat kerja dan inovasi-inovasi yang dilakukan kawan-kawan PPL yang menjadi ujung tombak bagi seluruh kegiatan yang terkait dengan pertanian yakni memberikan arahan-arahan kepada petani kita. Banyak petani yang belajar otodidak, maka dari itu para PPL bisa memberikan bantuan dan juga arahan terhadap petani kita dalam hal penerapan teknologi pertanian yang semakin maju dan canggih agar petani juga bisa menikmati dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada sekarang ini," ujar Erfian.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, S.E., M.M., mendorong semangat PPL karena menurutnya pandemi ini telah menurunkan banyak aspek perkonomian, tapi salah satu komoditas yang positif tumbuh ekonominya ada di pertanian.

"Para penyuluh harus tetap solid untuk mendampingi kelompok-kelompok tani yang ada di Bangka Tengah ini. Contohnya padi sawah, produktivitasnya cukup bagus diantara 5,2 ton per hektar dan selama Oktober-Maret kami lebih tingkatkan lagi paling tidak 6 ton per hektar yang ditempatkan di Namang dan Belilik. Sementara padi ladang itu ada 150 hektar dan pengadaannnya dari pusat dan akan kami pilahkan ke daerah Kemingking, Kerakas, Munggu dan Sungaiselan," jelasnya.

Ditambahkan Edi Rhomdoni, S.P., M.M. selaku Kepala Dinas Pangan, bahwa para penyuluh ini mengawal, semua kegiatan-kegiatan bidang tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan bidang pangan dimana para penyuluh harus siap untuk mendampingi sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

"Pertemuan ini kami lakukan rutin setiap bulan dalam rangka untuk bersilaturahmi dengan para penyuluh se-Bangka tengah, menyampaikan ide, inspirasi, inovasi dan alhamdullillah kami juga dalam bulan ini akan melakukan peresmian bangunan sekretariat di BPP Namang," ucap Edi.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Disperindagkop-UMKM, serta para penyuluh pertanian se-Kabupaten Bangka Tengah. Pada kesempatan ini Wakil Bupati beserta rombongan berkesempatan panen jagung dan meninjau tanaman siap panen yang dikelola di lahan BPP. *(DDY/APJ/Foto:DDY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah