Home Berita Instansi dan Kementerian Temui Masyarakat di Kecamatan Sungaiselan, Bupati Bagikan Sertifikat Tanah dan Sembako Bersubsidi

Temui Masyarakat di Kecamatan Sungaiselan, Bupati Bagikan Sertifikat Tanah dan Sembako Bersubsidi

235
0
SHARE
Temui Masyarakat di Kecamatan Sungaiselan, Bupati Bagikan Sertifikat Tanah dan Sembako Bersubsidi

SUNGAISELAN – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman, didampingi Camat Sungaiselan, Jakara Akbar, melakukan kunjungan ke beberapa desa untuk bertemu dan menyapa langsung masyarakat yang ada di Kecamatan Sungaiselan, pada Kamis (21/12/2023).

Kunjungan ini dalam rangka membagikan Sertifikat Hak Milik (SHM) kepada warga yang telah mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2023 dari Badan Pertanahan Nasional Bateng, sekaligus menyerahkan paket sembako bersubsidi yang merupakan program Operasi Pasar Murah dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi-UKM (Disperindagkop-UKM) Bateng.

Dalam kunjungan pertamanya di Balai Desa Keretak, Algafry bersama Kepala Kantor BPN Bateng, Suroso, membagikan sebanyak 326 SHM kepada masyarakat yang berasal dari 3 desa, yaitu Desa Keretak sebanyak 91 bidang, Desa Lampur 90 bidang, dan Desa Kerantai sebanyak 145 bidang.

Algafry merasa bersyukur karena sudah ada tiga kecamatan di Kabupaten Bateng yang telah menerima SHM melalui program PTSL.

”Alhamdulillah, kali ini kita berkesempatan lagi untuk menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat. Sekarang kita bersama BPN membagikan sertifikat di Kecamatan Sungaiselan,” ucapnya.

Bupati menuturkan bahwa SHM sebagai bukti kepemilikan tanah sangat penting bagi masyarakat agar ada kepastian hukum, meningkatnya nilai ekonomis aset, serta mencegah sengketa pertanahan.

Sementara itu, Kepala Kantor BPN Bateng, Suroso, menyampaikan target penerbitan sertifikat di Bangka Tengah tahun anggaran 2023 telah tercapai 100 persen.

"Target di tahun ini untuk Bangka Tengah yakni penerbitan sebanyak 3.500 bidang dan sekarang sudah kita realisasikan semua, tinggal kita bagikan," kata Suroso.

Selain penyerahan sertfikat, Algafry juga menyerahkan paket sembako bersubsidi sebanyak 250 paket kepada warga Desa Keretak. Pembagian sembako bersubsidi juga diserahkan ke wilayah Desa Sungaiselan Atas dan Kantor Kelurahan Sungaiselan. Turut mendampingi Bupati, Kepala Disperindagkop-UKM Bateng, Ali Imron, beserta Camat Sungaiselan, Jakara Akbar.

Bupati mengatakan, program Operasi Pasar Murah ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mendapatkan bantuan dalam memenuhi kebutuhan pokok di tengah melonjaknya harga bahan pokok di pasaran.

"Kita memikirkan bagaimana caranya agar masyarakat tetap bisa mendapatkan bahan pokok walaupun harga meningkat. Dan kita membuat program ini dengan memberikan subsidi kepada masyarakat sehingga mereka tidak perlu membeli sesuai harga pasar namun cukup bayar setengah harga saja," ucapnya.

Kepala Disperindagkop-UKM, Ali Imron, menjelaskan pembagian paket sembako bersubsidi yang di salurkan di Bangka Tengah pada bulan Desember 2023 tersebar di seluruh kecamatan.

"Alhamdulillah bulan ini kita menyiapkan sebanyak 5.440 paket yang kita bagikan di seluruh kecamatan di Bangka Tengah. Untuk Kecamatan Sungaiselan hari ini kita bagi 250 paket di Desa Sungaiselan Atas, 250 paket untuk Kelurahan Sungaiselan, Desa Lampur sebanyak 200 paket, dan masing-masing sebanyak 250 paket untuk Desa Keretak dan Keretak Atas, juga 150 paket untuk Desa Kerakas," ungkap Ali.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Yudi Rispandy

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Prayogi Januardi