Home Berita Terkini Terobosan Daftar Sekolah Lewat Seperadik, Algafry: Inovasi di Tengah Pandemi

Terobosan Daftar Sekolah Lewat Seperadik, Algafry: Inovasi di Tengah Pandemi

1,215
0
SHARE
Terobosan Daftar Sekolah Lewat Seperadik, Algafry: Inovasi di Tengah Pandemi

Pangkalanbaru – Mendekati tahun ajaran baru, setiap orang tua memiliki kekhawatiran tersendiri tentang tata cara mendaftarkan anaknya sekolah. Namun kini, dengan diluncurkannya aplikasi SEPERADIK (Sistem Elektronik Penerimaan Peserta Didik) oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, niscaya orang tua akan dimudahkan.  

Peluncuran aplikasi sekaligus kegiatan sosialisasinya digelar hari ini, Jumat (04/06/2021), di Hotel Santika, Pangkalan Baru, dengan tujuan mempermudah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bangka Tengah, tahun ajaran 2021/2022.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bateng, Drs. Iskandar menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke 130 guru SD Negeri dan SMP Negeri di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi dan launching aplikasi SEPERADIK ini, semoga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP semakin lancar dan para guru dengan mudah memahami tata cara penggunaan aplikasi SEPERADIK,” ujar Iskandar.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., menyebutkan bahwa adanya pandemi Covid-19 menyebabkan semua pihak harus menerapkan protokol kesehatan dengan menghindari terjadinya kerumunan di sekolah.

“Dengan demikian, semakin mantap kami melaksanakan PPDB kali ini secara online. Hal ini dapat membantu orang tua siswa yang mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan orang tua yang tetap antusias menunggu diluncurkannya aplikasi SEPERADIK ini.

“Harapan kita, PPDB menjadi lebih transparan, akuntabel dan menjadi mudah. Masyarakat umum juga bisa memantau secara realtime calon peserta didik baru ada di ranking berapa, sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih,” tambah Algafry.

Aplikasi SEPERADIK ini merupakan hasil kerjasama Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah. Apilkasinya bisa diunduh di ponsel pintar Android melalui Playstore dan siap digunakan mulai 07 hingga 31 Juni 2021 mendatang. Siswa dan para orangtua akan dapat langsung mendaftar dengan mengisi seluruh berkas secara online dan satuan Pendidikan (SD dan SMP yang dituju) dapat langsung memverifikasinya. Setelah itu, para orang tua dan calon siswa dapat langsung memantau ranking dalam PPDB.

“Kami berharap dengan hadirnya aplikasi ini menjadi barometer untuk peningkatan layanan pendidikan kepada masyarakat luas dan dapat meningkatkan APK (Angka Partisipasi Kasar), APM (Angka Partisipasi Murni) dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Kabupaten Bangka Tengah,” tutup Algafry.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bangka Tengah, Koordinator Wilyah I, II dan III, Kepala Satuan Pendidikan jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Bangka Tengah.

“SEPERADIK ini merupakan aplikasi yang berkolaborasi antara Dindik, Diskominfosta dan Disdukcapil. Terimakasih kepercayaan yang diberikan kepada Diskominfosta, semoga aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat sebagaimana yang kita harapkan bersama,” tambah Drs. Erwin David selaku Plt. Diskominfosta.

Peluncuran aplikasi ini merupakan teknis penjabaran Peraturan Bupati Bangka Tengah, Nomor: 188.45/196.1/DINDIK/2021 tentang Pedoman Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022. Melalui aplikasi ini proses PPDB tahun pelajaran 2021/2022 dipastikan akan dimulai secara online. Didukung adanya sumber daya manusia pemerintah daerah, sangat memudahkan masyarakat untuk mengetahui dan menyampaikan berbagai informasi, serta perkembangan dunia pendidikan baik di tingkat satuan pendidikan sampai ke tingkat nasional.* (UMM/APJ/Foto:RDO)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Mohon maaf saat ini website sedang dalam pemeliharaan.

Untuk melihat dokumentasi kegiatan, silakan kunjungi media sosial kami:

Facebook

Twitter

IG