Home Berita Instansi dan Kementerian Terus Lakukan Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Kali Ini Pemkab Bangka Tengah Bersinergi Bersama BPKP Provinsi Kepulauan Babel

Terus Lakukan Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Kali Ini Pemkab Bangka Tengah Bersinergi Bersama BPKP Provinsi Kepulauan Babel

302
0
SHARE
Terus Lakukan Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Kali Ini Pemkab Bangka Tengah Bersinergi Bersama BPKP Provinsi Kepulauan Babel

KOBA – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah duduk bersama dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Bangka Tengah yang diselenggarakan di Ruang Rapat VIP, Kantor Bupati Bangka Tengah, Kamis (22/09/2022).

Rapat Koordinasi ini dipimpin oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faeshol Cahyo Nugroho bersama dengan Plh. Bupati Bangka Tengah yang juga sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto serta dihadiri juga Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bangka Tengah.

Faeshol Cahyo Nugroho mengapresiasi kesiapan serta langkah antisipasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam mengendalikan inflasi daerah. Ia juga menyebutkan program kerja dalam mengendalikan inflasi daerah ini akan dikawal secara bersama-sama sehingga program kerja dapat terlaksana dengan baik.

“Harapannya juga dengan program kerja yang disusun bisa membantu masyarakat Bangka Tengah serta meringankan beban setelah adanya kenaikan BBM beberapa saat yang lalu,” kata Faeshol.

Dalam mengendalikan inflasi daerah, salah satu langkah yang juga dilakukan adalah menyerahkan bantuan sosial, terkait hal ini Faeshol berpesan agar bantuan dapat diberikan dengan tepat sasaran sehingga diharapkan data penerima bantuan atau manfaat ini tidak tumpang tindih.

“Terkait dengan tumpang tindih data, bisa dilakukan cleansing data oleh Dinsos-PMD yang juga bisa dilakukan bersama Inspektorat Bangka Tengah sehingga diharapkan bantuan ini dapat tepat sasaran serta jangkauan bantuan sosial ini bisa lebih luas diterima oleh masyarakat,” imbuhnya sekaligus mengatakan BPKP siap mengawal serta membantu.

Menambahkan, dalam mengendalikan inflasi daerah ini, menurut Sugianto dibutuhkan sinergi bersama antar berbagai stakeholders, salah satunya juga adalah dukungan dari BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam melakukan fungsi pengawasan.

“Masukkan dan saran dari BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait pengendalian inflasi di Bangka Tengah ini juga akan menjadi dorongan dan dukungan bagi Pemerintah Bangka Tengah bersama TPID,” kata Sugianto.

Ia juga mengatakan sejauh ini Pemerintah Bangka Tengah bersama TPID Bangka Tengah terus melakukan pengendalian inflasi daerah mulai dari pemantauan harga barang, stok barang, distribusi baik itu dari sisi pangan, pertanian maupun perdagangan.

“Kami juga akan terus menjaga dan melakukan pengawasan terhadap ketahanan pasokan secara berkelanjutan, meningkatkan produksi dan produktivitas pangan, serta meningkatkan efisiensi rantai pasokan yang ada sehingga inflasi daerah dapat kita kendalikan,” tutupnya.

Hadir juga dalam Rapat Koordinasi ini, yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Tengah, Asisten Administrasi Umum Setda Bangka Tengah, Inspektur Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Kepala Dinsos-PMD Bangka Tengah, Kepala DISKOMINFOSTA Bangka Tengah, Perwakilan BKPAD Bangka Tengah, Perwakilan Disperindagkop-UKM Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Perikanan Bangka Tengah, Perwakilan Dinas Pangan Bangka Tengah, Perwakilan Diperkimhub Bangka Tengah, serta jajaran BPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Prayogi J

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Prayogi J