Home Berita Terkini Tingkatkan Budidaya Udang Vaname di Bateng, Algafry Terapkan Millenial Shrimp Farm

Tingkatkan Budidaya Udang Vaname di Bateng, Algafry Terapkan Millenial Shrimp Farm

192
0
SHARE
Tingkatkan Budidaya Udang Vaname di Bateng, Algafry Terapkan Millenial Shrimp Farm

Situbondo – Selasa (12/10/2021), Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, S.P., M.M., melakukan Kunjungan Teknis serta meninjau Pelatihan Budidaya Udang Vaname Sistem Kolam Terpal Bundar di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan dari tanggal 11 - 14 Oktober 2021.

Kunjungan Teknis ke Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia ini bertujuan sebagai pembelajaran, pelatihan serta pengembangan dalam budidaya Udang Vaname.

“BPBAP Situbondo ini mengembangkan Millenial Shrimp Farm (MSF)/Tambak Udang Millenial yaitu Budidaya Udang Vaname dengan Sistem Kolam Terpal Bundar yang melibatkan generasi millenial serta berbasis aplikasi digital dan bisa diakses melalui android," jelas Algafry.

Lebih lanjut, Algafry menyebutkan bahwa tingginya tingkat produksi Udang Vaname sebanyak 580,4 ton atau sebesar 37,74% dari total produksi Perikanan Budidaya sebesar 1537,7 ton menjadikan Kabupaten Bangka Tengah sebagai salah satu produsen penghasil Udang Vaname sekaligus menjadi sentra kawasan perikanan budidaya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan memberikan dukungan dengan mengirimkan beberapa nelayan kita untuk mempelajari pengelolaan Budidaya Udang Vaname di Situbondo yang sudah menggunakan aplikasi di Android ini sehingga dapat kita contoh dan terapkan di Bangka Tengah,” ungkap Algafry.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perikanan, Taufik, S.P., M.M menjelaskan bahwa Budidaya Udang Vaname Sistem Kolam Terpal Bundar sudah dilaksanakan di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah. Selain itu juga, Ia berharap agar kunjungan ini bisa menjadi referensi baru serta baik bagi Pemerintah maupun masyarakat pembudidaya udang dimulai dari pembenihan, pembesaran produsen serta pakan.

"Kita juga bisa mengevaluasi untuk penyempurnaan Budidaya Udang Vaname baik kontruksi, teknologi dan SOP Budidaya Udang Vaname Sistem Kolam Terpal Bundar," jelas Taufik yang berharap investasi benur udang di Kabupaten Bangka Tengah dapat segera terwujud.

Selain berkunjung ke BPBAP Situbondo, Bupati Bangka Tengah bersama Perwakilan Pokdakan Gempa 01 Desa Kurau Barat, Perwakilan Bumdes Desa Kayu Besi, Penyuluh Perikanan dan Tenaga Teknis Dinas Perikanan juga melakukan kunjungan ke Hatchery PT. Central Protein Prima (CPP)–Situbondo.* (MRT-PYJ/WEE/Foto:Dinas Perikanan)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah