Home Berita Instansi dan Kementerian Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia, Pemkab Bangka Tengah Sosialisasikan Desa/Kelurahan Asuh

Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia, Pemkab Bangka Tengah Sosialisasikan Desa/Kelurahan Asuh

236
0
SHARE
Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia, Pemkab Bangka Tengah Sosialisasikan Desa/Kelurahan Asuh

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan Sosialisasi Kelurahan/Desa Asuh dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2024, bertempat di Kantor Desa Penyak, Kecamatan Koba, Jumat (14/06/2024).

Tamimi, selaku Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan yang hadir mewakili Bupati Bangka Tengah mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya pemkab untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah di Bangka Tengah.

"Rata-rata lama sekolah di Bangka Tengah saat ini baru mencapai 7,22 (tahun) yang artinya pendidikan penduduk di Bangka Tengah secara keseluruhan baru duduk di kelas satu SMP," ungkap Tamimi.

Dirinya juga menyayangkan hal tersebut dan memberikan memotivasi kepada masyarakat agar terus bersekolah.

"Tahun 2024 ini sudah terbentuk 15 Desa Asuh yang salah satunya adalah Desa Penyak. Desa Penyak ini sungguh banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA)-nya yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan. Pengolahan dan pengembangan SDA harus diimbangi dengan SDM yang baik agar dapat terus mampu untuk bersaing," ucapnya.

Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry, yang turut memberikan semangat kepada masyarakat yang mengalami putus sekolah ini.

"Sudah menjadi tugas kita bersama untuk terus meningkatkan IPM di wilayah Bangka Tengah ini. Bapak/Ibu dan anak-anak sekalian, dengan adanya program ini semua orang dapat melanjutkan pendidikannya melalui sekolah Paket A, Paket B, atau Paket C. Sudah disediakan juga SMP terbuka sehingga khusus anak-anak usia SMP tetap dapat bersekolah dan mendapatkan ijazah dari SMP induknya," jelas Eva.

Dirinya juga menyampaikan untuk dapat segera menghubungi pihak Dinas Pendidikan jika ingin mengikuti program ini.

"Mudah-mudahan diberikan kemudahan bagi Bapak/Ibu dalam menerima informasi dari kegiatan ini, dan jika berminat untuk mengikuti program ini dapat segera menghubungi dinas terkait karena program ini sangat baik untuk diikuti," pungkasnya.

Di akhir kegiatan, dibagikan bingkisan kepada sebanyak 39 anak putus sekolah di Desa Penyak yang dirangkum dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang berusia mulai dari 7 hingga 21 tahun.

Turut hadir Kades Penyak, perwakilan dari Kemenag Bangka Tengah, BPD, serta tamu undangan lainnya. *Sumber: Diskominfosta Bateng

 

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Asti Pradiajayanti

Fotografer: Redoh Soniman