Home Berita Instansi dan Kementerian Tingkatkan SDM, Dinas Pangan Bateng Gelar Pelatihan Penyuluh Pertanian

Tingkatkan SDM, Dinas Pangan Bateng Gelar Pelatihan Penyuluh Pertanian

996
0
SHARE
Tingkatkan SDM, Dinas Pangan Bateng Gelar Pelatihan Penyuluh Pertanian

Koba - Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah menggelar acara Pelatihan Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangka Tengah dengan tema "Peningkatan Kompetensi Penyuluh Pertanian Melalui Pelatihan untuk Mewujudkan Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern", bertempat di Aula Gedung Diklat BKPSDMD Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (17/11/21).

Acara ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) Pertanian yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sekertariat Daerah, Drs. Wahyu Nurrakhman, M.Si.

Melalui pelatihan ini, menurut Wahyu yang mewakili Bupati Bangka Tengah, untuk melakukan penguatan pertanian melalui peningkatan produktivitas pertanian serta sebagai pelaku utama dalam pertanian, diajak untuk memanfaatkan teknologi modern.

“Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian unggul salah satunya dengan pendidikan dan pelatihan bagi petani, penyuluh maupun generasi muda guna peningkatan kualitas SDM penyuluh, di era society 5.0.,” terang Wahyu.

Dalam kesempatan ini, Ia menyampaikan bahwa peningkatan sumber daya manusia terutama di bidang pertanian yang berkualitas dan handal, diperlukan para penyuluh yang kreatif, inovatif dan berwawasan global dalam penyelenggaraan penyuluhan yang produktif, efektif dan efisien.

“Penyuluh pertanian diarahkan untuk melaksanakan tugas pendampingan dan konsultasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengembangkan usaha agribisnisnya. Sehingga adopsi teknologi tepat guna dapat berjalan dengan baik dan pada gilirannya akan meningkatkan pemberdayaan pelaku utama, produksi, produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani beserta keluarganya,” sambung Wahyu.

Ia juga mengharapkan agar para penyuluh harus meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan bidangnya dan kinerja dari para penyuluh harus lebih ditingkatkan lagi.

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah berkomitmen tinggi dalam memajukan pertanian di perkebunan maupun peternakan. Salah satu upaya dalam mewujudkan hal tersebut yakni melalui Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah yang telah menyelenggarakan beberapa kegiatan pelatihan baik untuk petani maupun untuk para penyuluh pertanian. 

Wahyu berharap dengan adanya pelatihan ini agar meningkatkan kapasitas dan kemampuan bagi para penyuluh sehingga bisa bekerja secara profesional dan memiliki pengetahuan cukup serta berwawasan luas dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompetitif.

“Petani juga diharapkan memiliki kemampuan akademik pertanian, tata kelola pertanian dan sebagai motivator bagi petani untuk meningkat produktivitas pertanian," tutupnya.

Sekertaris Daerah Kabupaten Bateng, Drs. Sugianto, M.Si., menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini dengan tajuk materi “Membangun SDM Pertanian Menuju Bangka Tengah Semakin Unggul” yang ikuti sebanyak 26 peserta dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kabupaten Bangka Tengah, para Penyuluh dan tim penilai.* (UMM/WEE/Foto:IAN)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah