Home Berita Terkini Tingkatkan SDM Pencari Kerja Agar Berdaya Saing, DPMPPTK Bateng Gelar Pelatihan Keterampilan di BLK Provinsi

Tingkatkan SDM Pencari Kerja Agar Berdaya Saing, DPMPPTK Bateng Gelar Pelatihan Keterampilan di BLK Provinsi

482
0
SHARE
Tingkatkan SDM Pencari Kerja Agar Berdaya Saing, DPMPPTK Bateng Gelar Pelatihan Keterampilan di BLK Provinsi

Pangkalpinang -  Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyelenggarakan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi (Kejuruan Teknik Otomotif dan Teknik Listrik) bagi calon tenaga kerja di BLK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/03/2020) bekerjasama dengan UPTD BLK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pelatihan ini dilaksanakan guna menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berpengetahuan, bersikap, berketerampilan dan siap bersaing di pasar kerja. Elly Irsyah, SH., selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, berkesempatan membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa salah satu tantangan utama pembangunan di Bateng saat ini adalah bagaimana meningkatkan daya saing tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja. Mengingat data jumlah angkatan kerja di Bateng tahun 2019 berjumlah 97.778 jiwa, terdiri dari pekerja sebanyak 93.438 jiwa dan pencari kerja sebanyak 4.295 jiwa yang sebagian besarnya belum mempunyai keterampilan.

“Poin penting untuk mengatasi tantangan tersebut salah satunya dengan melakukan pelatihan berbasis kompetensi yang saat ini kita lakukan. Pelatihan ini adalah momentum yang tepat dalam memberikan keterampilan, kemampuan dan pengetahuan,” papar Elly.

Dalam kesempatan yang sama Kepala DPMPPTK, Hj. Kartina, SH, M.Si., menambahkan dengan adanya keterampilan, kemampuan dan pengetahuan bisa diserap oleh para peserta dan bisa membuka peluang bagi usaha industri yang sesuai dengan perkembangan.

“Pelatihan kerja mempunyai peran penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapakan pengetahuan dan keterampilan,” ungkap Kartina.

Diharapkannya, pelatihan seperti ini dapat menjadi solusi para pencari kerja dengan meningkatkan kualitas para pencari kerja khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami berharap nantinya para pencari pekerja akan mampu berdaya saing dengan tenaga kerja dari luar Kabupaten Bangka Tengah dan muncul wirausaha baru yang mampu menciptakan peluang-peluang kerja baru,” pesan Kartina kepada para peserta pelatihan.

Hal yang sama diutarakan oleh Elly Irsyah kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius dan bersungguh-sungguh seluruh tahapan dan proses pelatihan.

“Pelatihan ini lebih menekankan pada pembentukan keterampilan atau praktek yang kelak akan menjadi modal dalam memasuki dunia kerja. Insyaa Allah setelah mengikuti pelatihan ini akan menjadi orang yang sukses dan siap bersaing di pasar kerja,” ungkap Elly seraya menutup sambutannya.

Acara pelatihan ini dihadiri juga oleh perwakilan Bapelitbangda Bateng, BPPKBPPPA Bateng, Disnaker Provinsi Babel, UPTD BLK Provinsi serta diikuti oleh peserta pelatihan sebanyak 16 orang Kejuruan Listrik dan 16 orang Kejuruan Otomotif Sepeda Motor Injeksi.* (WEE/WKN/Foto: DPMPPTK)

Sumber : Diskominfosta Bangka Belitung