Home Berita Terkini TP PKK Provinsi Bangka Belitung Lakukan Penilaian Lomba UP2K ke Desa Kurau

TP PKK Provinsi Bangka Belitung Lakukan Penilaian Lomba UP2K ke Desa Kurau

2,104
0
SHARE
TP PKK Provinsi Bangka Belitung Lakukan Penilaian Lomba UP2K ke Desa Kurau

Koba - Tim Evaluasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bangka Belitung melakukan kunjungan ke Desa Kurau Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka lomba UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) PKK untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49, Rabu (31/03/2021).

Kedatangan Tim Evaluasi PKK Provinsi Bangka Belitung yang dipimpin Wakil Ketua Tim III Penggerak Penilai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disambut hangat oleh Kusrini selaku Pembina UP2K Besampan Desa Kurau.

Dalam paparannya, Pembina UP2K Besampan Desa Kurau menjelaskan tujuan UP2K Besampan yaitu untuk membantu modal bagi usaha ekonomi lemah, membantu pengembangan usaha bagi keluarga-keluarga menengah ke bawah, membantu keluarga-keluarga yang ada di Desa Kurau agar terhindar dari rentenir dan meningkatkan kesejahteraan keluarga-keluarga di Desa Kurau.

Kelompok khusus (Poksus) UP2K PKK telah melakukan identifikasi dan inventarisasi potensi guna mendukung program pengembangan antara lain yaitu keluarga yang akan menjadi calon kelompok pelaksana (Poklak) baru yang melaksanakan usaha ekonomi produktif di bidang usaha home industry, seperti produksi bedak dingin, minuman jus buah, abon tulang, kerajinan tangan dan limbah daur ulang. Kemudian, melakukan identifikasi potensi anggota kelompok dari segi ekonomi dan sumber daya yang dapat mendukung kegiatan UP2K-PKK di Desa Kurau.

Latar belakang UP2K Besampan ini berdiri pada Januari 2017 dengan inisiatif TP PKK Desa Kurau dengan bermodal awal swadaya sebesar Rp. 2.000.000,00., yang terkumpul dari simpanan wajib Rp. 30.000,00 x 33 orang= Rp. 990.000,00., dan simpanan pokok Rp. 31.000,00 x 33 orang= Rp 1.023.000,00.

UP2K-PKK Besampan Desa Kurau mengalami perkembangan signifikan sejak didirikan dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Kurau, berdasarkan kearifan lokal masyarakat setempat yang berinovasi secara terus menerus. Inovasi ini memunculkan produk unggulan khas Desa Kurau yang merupakan imbas dari keberhasilan pemberdayaan masyarakatnya. Hal ini terbukti dari pesatnya pembangunan di Desa Kurau.

Turut hadir Wakil ketua TP-PKK I Kabupaten Bangka Tengah, Wakil ketua TP-PKK II Kabupaten Bangka Tengah, Camat Koba Kabupaten Bangka Tengah, Kades Kurau, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Koba dan Ketua Penggerak PKK Desa Kurau.* (QRY/WEE/Foto: PYJ)


 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah