Home Berita Instansi dan Kementerian Transisi Anak PAUD ke SD yang Menyenangkan Jadi Fokus Bupati dan Bunda PAUD Bangka Tengah

Transisi Anak PAUD ke SD yang Menyenangkan Jadi Fokus Bupati dan Bunda PAUD Bangka Tengah

342
0
SHARE
Transisi Anak PAUD ke SD yang Menyenangkan Jadi Fokus Bupati dan Bunda PAUD Bangka Tengah

NAMANG - Sorak-sorai anak-anak riuh terdengar, menyambut kedatangan Eva Algafry, selaku Bunda PAUD sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka Tengah, pada acara Gebyar Anak PAUD memperingati Hari Anak Nasional ke-39, yang diselenggarakan di TK Pembina 1 Namang, Kamis (03/08/2023).

Mengusung tema Keluarga Sejahtera, Anak Cerdas, Ceria, dan Kreatif: Anak Terlindungi Indonesia Maju, acara ini menghadirkan sebanyak 150 orang anak PAUD se-Kecamatan Namang.

Acara yang setiap tahun digelar ini, menampilkan pertunjukan anak-anak yang menarik, dan tak jarang mengundang gelak tawa para orang tua yang menyaksikan.

Begitu pula dengan Eva, dirinya merasa terhibur dan mengatakan bahwa apresiasi terhadap setiap kegiatan yang dilakukan anak-anak sangat perlu dilakukan.

"Apresiasi pada setiap kegiatan yang dilakukan anak-anak ini sangat penting kita berikan, agar memunculkan rasa percaya diri pada mereka," ucap Eva.

Pada kesempatan perayaan Hari Anak Nasional ke-39 kali ini juga digunakan sebagai momen sosialisasi mengenai transisi anak PAUD ke SD yang menyenangkan.

"Fokus kita saat ini memang lebih kepada program transisi anak-anak PAUD ke SD yang menyenangkan, bagaimana kita memberikan edukasi kepada para orang tua, bahwa sekarang anak PAUD yang akan masuk ke SD tidak boleh lagi menggunakan tes 'Calistung' (baca, tulis, dan hitung)," kata Eva.

Diketahui, saat ini, anak PAUD memang sudah tidak dianjurkan untuk mengikuti les 'Calistung', untuk memberikan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak, agar tidak ada keterpaksaan pada anak untuk sekolah, terutama untuk anak-anak kelas satu dan dua sekolah dasar.

"Kita harap orang tua dapat mendukung ini, dan memasukkan anaknya ke SD sesuai usia yang seharusnya. Dalam acara ini juga kami mau mengapresiasi Kecamatan Namang yang sudah berhasil menyelenggarakan acara, terima kasih," pungkas Bunda PAUD Bangka Tengah ini.

Ikut mengapresiasi, Algafry Rahman, Bupati Bangka Tengah yang hadir pada pertengahan acarapun, menyempatkan waktunya untuk menyampaikan pesan-pesan semangat kepada seluruh instrumen yang terlibat dalam dunia pendidikan, terutama PAUD.

"Terima kasih untuk setiap semangat yang dicurahkan dalam mendidik anak-anak Bangka Tengah menjadi anak-anak yang kreatif dan berani untuk tampil. Masa-masa anak di usia PAUD adalah masa-masa emas. Harapan kami, agar PAUD tetap eksis dan dapat menjadikan semua desa di Bangka Tengah mempunyai anak-anak yang sehat dan berakhlak," pesan Bupati singkat.

Turut hadir, Elly Irsyah selaku Asisten Administrasi Umum Bangka Tengah, Camat Namang, Perwakilan Kepala OPD Kabupaten Bangka Tengah.*Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman