Home Daerah Upaya Tingkatkan Daya Saing Produk, Disperindagkop-UKM Bateng Gelar Pelatihan Pengemasan

Upaya Tingkatkan Daya Saing Produk, Disperindagkop-UKM Bateng Gelar Pelatihan Pengemasan

241
0
SHARE
Upaya Tingkatkan Daya Saing Produk, Disperindagkop-UKM Bateng Gelar Pelatihan Pengemasan

PANGKALANBARU – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) menggelar pelatihan pengemasan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Vella, Kecamatan Pangkalanbaru, Selasa (27/02/2024).

Diikuti oleh pelaku usaha/UMKM seluruh Bangka Tengah, pelatihan pengemasan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelaku usaha.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Bangka Tengah untuk meningkatkan daya saing produk UMKM di Bangka Tengah agar semakin berkembang.

“Kualitas kemasan menjadi hal penting untuk meningkatkan daya saing. Masih banyak UMKM yang melakukan pengemasan produk dengan menggunakan teknologi sederhana, sedangkan tuntutan pasar saat ini mengharuskan UMKM memiliki label dan kemasan yang bukan hanya terstandar, namun juga menarik konsumen,” ucap Algafry.

Ia berharap melalui pelatihan pengemasan ini, para pelaku usaha dapat menerapkan ilmu tentang branding produk, pelabelan, serta teknis pengemasan pada produknya sehingga produk lokal Bangka Tengah semakin dilirik hingga pasar internasional.

Sementara itu Kepala Disperindagkop-UKM, Irwandi, mengatakan kegiatan ini difokuskan untuk memberikan informasi, pengetahuan, dan keterampilan pelaku usaha dalam upaya meningkatkan kualitas produknya.

“Pada kegiatan ini, Pemkab Bateng melalui Disperindagkop-UKM memberikan bantuan berupa 40 buah hand sealer kepada para pelaku usaha yang diharapkan dapat membantu mempermudah pelaku usaha dalam mengemas produk dengan rapi,” tutur Irwandi.

Tak hanya itu, Irwandi juga mengajak pelaku usaha untuk mengenal dan memulai branding produk melalui sosial media.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, yakni Agus Heryadi, S.Sos selaku perancang grafis di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Deanty N.

Editor: Asti P.

Fotografer: Prayogi J.