Home Berita Instansi dan Kementerian Usai Pelayanan Terpadu, Bupati Bangka Tengah Berdialog Dengarkan Aspirasi Warga Desa Cambai

Usai Pelayanan Terpadu, Bupati Bangka Tengah Berdialog Dengarkan Aspirasi Warga Desa Cambai

227
0
SHARE
Usai Pelayanan Terpadu, Bupati Bangka Tengah Berdialog Dengarkan Aspirasi Warga Desa Cambai

NAMANG – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat Desa Cambai setelah pelaksanaan kegiatan Safari Jumat di Masjid Al-Hidayah Desa Cambai, Jumat (25/08/2023). Setelahnya, rombongan Bupati Bangka Tengah bersama jajaran Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD melanjutkan kegiatan dengan menggelar dialog bersama masyarakat Desa Cambai dan Desa Cambai Selatan.

Kegiatan Safari Jumat yang dilaksanakan Pemkab Bangka Tengah ini merupakan kegiatan rutin pemerintah untuk menjaga tali silaturahmi dengan masyarakat.

"Setiap Jumat Insyaallah kami dari Pemkab Bateng akan berkeliling mengunjungi masjid-masjid di seluruh desa yang ada di Bangka Tengah untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah supaya bisa bersilaturahmi dan alhamdulillah kami dari Pemkab juga bisa berbagi untuk masyarakat," ujarnya.

Dalam Safari Jumat kali ini, Algafry memberikan bantuan berupa paket sembako sebanyak 30 paket kepada warga Desa Cambai yang kurang mampu.

Selesai memberikan bantuan, Bupati Bangka Tengah berdialog dengan warga di tepi lapangan bola Desa Cambai. Kegiatan seperti ini sengaja digelar untuk bisa mendengarkan aspirasi atau keluhan masyarakat dan ditanggapi langsung oleh OPD terkait.

“Dari pagi saya di sini ini sejak Pelayanan Terpadu, salat Jumat, dan saat ini berharap bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Bagaimana pun kita harus membangun hubungan yang bagus antar berbagai pihak sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapkan," ujar Algafry.

Disebutkan Algafry, Cambai dan Cambai Selatan memang dominan petani. Namun demikian, bisa belajar dari desa atau kelurahan lain tentang bagaimana mencari penghasilan dengan ide kreatif. Apapun usaha dan ide seseorang yang dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, pasti Pemkab Bangka Tengah akan membantu.

“Silakan berupaya untuk mencari ide penghasilan lain, tidak apa-apa, karena kreativitas itu tidak terbatas. Namun juga harus dipersiapkan dan dipelajari nanti perizinannya, baik dari segi usaha maupun kelayakan dan kesehatan,” usul Algafry.

Bupati juga mengingatkan untuk saling menjalin komunikasi dengan berbagai pihak jika ditemukan kendala dan kondisi yang perlu segera ditangani di lapangan.

“Manfaatkan elemen masyarakat, mulai dari Ketua RT, PSM, dan semua pihak, untuk memantau dan melaporkan kondisi di lingkungan masing-masing. Saya harapkan juga Kades, Camat, bisa menindaklanjuti dengan baik," tegas Algafry.

Bersama masyarakat dan perangkat desa yang hadir, masalah yang diangkat diantaranya tentang WC umum, permintaan bantuan pencacah pelepah sawit untuk pakan ternak, juga normalisasi sungai.

Sebelumnya, dialog diawali dengan penyerahan bantuan dari Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan. Diantaranya bantuan asuransi nelayan, BPJS Ketenagakerjaan untuk pengolahan dan pemasaran ikan, dan bantuan benih bibit ikan lele untuk Pokdakan Berkah Desa Cambai Selatan (pembudidaya ikan). Semua bantuan ini berasal dari dana APBD Dinas Perikanan.

Usai dialog, Bupati bersama rombongan berkunjung ke rumah-rumah warga yang memerlukan perhatian karena kondisi-kondisi tertentu.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah
 

Penulis: Asti Pradiajayanti/ Yudi Rispandy

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Yudi Rispandy