Home Berita Instansi dan Kementerian Usung Three Zero 2030, Pemkab Bersinergi dengan KPAD pada Peringatan Hari AIDS Sedunia

Usung Three Zero 2030, Pemkab Bersinergi dengan KPAD pada Peringatan Hari AIDS Sedunia

875
0
SHARE
Usung Three Zero 2030, Pemkab Bersinergi dengan KPAD pada Peringatan Hari AIDS Sedunia

Pangkalan Baru – Bertempat di Hotel Osela, Selasa (23/11/2021), dalam rangkaian Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Bangka Tengah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan “Akhiri AIDS, Cegah HIV dan Tingkatkan Akses untuk Semua dalam Rangka Menuju Three Zero 2030”.

Mewakili Bupati Bangka Tengah, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Bangka Tengah, Drs. H. Wahyu Nurrakhman, M.Si, yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kedisiplinan dan meningkatkan pemahaman terkait HIV/AIDS ini sangat diperlukan sehingga bisa dilakukan pencegahan dan juga mengedukasi. Juga mendukung tercapainya Three Zero 2030 baik di Kabupaten Bangka Tengah maupun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Ini harus kita maknai bersama dan kita jalankan bersama agar kedepannya di tahun 2030 kita harus  dan bisa capai Three Zero yakni, Zero atau tidak ada kasus atau infeksi Baru HIV/AIDS, Zero Kematian akibat HIV/AIDS dan yang paling utama Zero atau tidak ada lagi stigma/diskriminasi HIV/AIDS,” jelas Wahyu.

“Jika ada yang terkena HIV/AIDS baik di lingkungan atau dimanapun, jangan kita kucilkan jangan kita diskriminasi, tetapi kita bantu dan rangkul,” sambungnya.

Menambahkan, Sekretaris KPAD Kabupaten Bangka Tengah, Erlan, juga mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari AIDS Sedunia dalam mendukung Three Zero serta  akan dilanjutkan dengan Screening HIV dengan pengambilan sampel darah kepada para peserta.

“Menyukseskan Three Zero pada 2030, kami bersama Dinas Kesehatan melakukan screening dari awal agar kedepannya bisa kita data, kita deteksi, kita cegah serta kita bangun edukasi dalam penanggulangan HIV/AIDS di Bangka Tengah,” jelas Erlan.

Terkait hal ini, Camat Pangkalan Baru, Samsul Komar, SE., MA, mengatakan peserta yang hadir disini adalah sebuah representasi komunitas sehingga mengajak untuk selalu menjaga kesehatan dan berkontribusi untuk membangun Bangka Tengah.

“Ini merupakan sinergi antara Pemerintah dengan lembaga-lembaga, salah satunya adalah KPA daerah yang ada di Bangka Tengah dalam membangun kesehatan serta mencegah penyebaran HIV/AIDS di Bangka Tengah,” ucap Samsul.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, S.Si. Apt, MPH., menyampaikan di Kabupaten Bangka Tengah sendiri pada tahun 2019-2021, kasus baru HIV terdapat 19 kasus. Terkait hal ini, Sekretaris Dinkes ini mengapresiasi langkah KPA Daerah Kabupaten Bangka Tengah dan para komunitas yang bersedia hadir dalam kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia.

“Teman-teman yang hadir disini diharapkan sebagai perpanjangan tangan bagi pemerintah untuk menjangkau serta memberikan edukasi baik kepada penderita atau yang mempunyai gejala HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Bangka Tengah sehingga kita bisa bersama-sama turut melakukan pencegahan dan penyebaran HIV/AIDS,” ucap Zaitun yang mewakili Kepala Dinas Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan paparan terkait HIV/AIDS serta screening HIV oleh Tim Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kabupaten Bangka Tengah. Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari AIDS Sedunia ini dihadiri juga oleh Plt. Kepala Bidang Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, SKM., M.Epid, Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinkes Kabupaten Bangka Tengah, Yumiga, S.Ip, Perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Bangka Tengah dan Perwakilan Rumah Sakit Pratama. *(PYJ/WEE/Foto:PYJ)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah