Home Berita Terkini Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Tinjau Kampung Integrasi Sawit Sapi Sungaiselan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Tinjau Kampung Integrasi Sawit Sapi Sungaiselan

1,278
0
SHARE
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Tinjau Kampung Integrasi Sawit Sapi Sungaiselan

Sungaiselan - Bangka Tengah merupakan salah satu titik kunjungan rombongan Komisi IV DPR-RI ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi memimpin tim kunjungan kerja Komisi IV DPR RI meninjau kampung Integrasi Sawit - Sapi di Sungai Selan, Selasa (03/03/2020).

Dedi Mulyadi mengatakan Integrasi Sawit - Sapi merupakan program terobosan dari Kementerian Pertanian untuk meningkatkan populasi sapi, menginggat pasokan sapi untuk kebutuhan masyarakat saat ini masih kurang dan masih harus mengimport.

"Besarnya potensi pohon sawit sebagai sumber pakan sapi, bisa mengintegrasikan atau menyatukan antara sawit dan sapi sehingga petani tidak perlu mencari pakan sapi diluar,” ungkap Dedi.

Ia juga menyambut baik atas berbagai upaya yang telah dilaksanakan oleh para pelaku pertanian dan peternakan di Bangka Tengah khususnya kelompok petani/peternak Tunas Baru Bangka Tengah. Menurutnya, petani telah mulai mengadopsi dan merasakan manfaat lebih dengan menggunakan inovasi teknologi pertanian sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

"Semoga pengelola Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Tunas Baru Kabupaten Bangka Tengah terus produktif dan semakin mandiri. Semangat ini juga harus disampaikan ke generasi muda," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Edi Romdhoni, S.P, MM., mengatakan Sistim Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) ini sebenarnya bukan hal yang baru di Kementerian Pertanian, tetapi bukan hal yang mudah juga untuk bisa diterapkan di tingkat petani bahkan kelompok tani. Namun, hal ini perlu pendampingan yang sangat intensif.

"Balitbangtan secara intensif telah membantu kita untuk melakukan pendampingan dalam rangka mempercepat penerapan teknologi integrasi sawit sapi ini yang dimulai dari tahun 2014, jadi sekarang para petani kita sudah merasakan manfaat pelepah sawit yang sangat berguna untuk pakan ternak," papar Edi.

Rombongan yang hadir yakni Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI, H. Dedi Mulyadi, SH beserta 9 anggota lainnya, rombongan juga didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dr. Ir. Fajri Jufri, M.Si., Kapuslitbangnak, Kapuslitbangbun, Kepala BPTP Babel serta Wakil Gubernur Babel Drs. Abdul Fatah beserta jajarannya.* (RIS/WEE/Foto: MRT)

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah