Home Berita Instansi dan Kementerian Wakili Bangka Tengah, Poktan Karya Bersama Perlang Raih Juara 2 Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel

Wakili Bangka Tengah, Poktan Karya Bersama Perlang Raih Juara 2 Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel

467
0
SHARE
Wakili Bangka Tengah, Poktan Karya Bersama Perlang Raih Juara 2 Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel

Mendo Barat - Senin (25/04/2022), bertempat di UPTD Balai Benih Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang terletak di Dusun Pelempang, Kecamatan Mendo Barat, Defu Saputra selaku Ketua Kelompok Tani Karya Bersama asal Desa Perlang Bangka Tengah didampingi Herlina selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Bangka Tengah meraih Juara 2 Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel Tahun 2020/2021.

Mengusung tema "Kita Kembalikan Kejayaan Muntok White Pepper di Mata Dunia", penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Babel, Erzaldi Rosman didampingi Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Setya Budhi Udrayana.

Dalam penyerahan penghargaan ini, dilepas juga sebanyak 7 orang siswa lulusan SLTA/SMA untuk mengikuti program pendidikan bidang Ilmu Perternakan di Polbangtan Malang selama 4 tahun.

Mewakili Bupati, Kepala Dinas Pertanian Bateng, Sajidin, mengatakan lomba ini menjadi motivasi bagi para petani di Provinsi Babel khususnya Kabupaten Bateng untuk terus berkontribusi memajukan bidang pertanian.

Ia menyebutkan dengan diraihnya Juara 2 di ajang Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel ini menjadikan motivasi tersendiri bagi para petani di Kabupaten Bateng serta menunjukkan bahwa lada di Bateng masih tetap eksis dan ada.

“Harapannya, dengan ini bisa memberikan contoh bagi para petani bahwa lada di Bateng dapat bersaing dan eksis serta dapat memberikan kontribusi bagi Babel dan juga Bateng,” ujar Sajidin.

Dikatakan Sajidin, Pemerintah Kabupaten Bateng sudah dan akan terus mengadakan program-program dalam mendukung para petani lada di Kabupaten Bateng, contohnya dengan pengadaan bibit, pupuk serta pembinaan-pembinaan yang dilakukan para PPL.

Sementara itu, Defu Saputra, mengucapkan rasa syukur karena dapat meraih Juara 2 dalam Lomba Kebun Lada Tingkat Provinsi Babel ini. Ia berpesan kepada para petani khususnya di Bateng agar tetap semangat dan tidak takut menanam lada atau sahang ini.

“Para petani jangan takut menanam sahang atau lada ini karena ini merupakan komoditi kita, ada ciri khas tersendiri dari lada Bangka Belitung ini. Kita dari dulu sudah terbiasa menanam lada, ini sudah menjadi darah daging kita,” pesan Defu.

Defu juga mengakui Pemkab Bateng sudah memberikan banyak bantuan terhadap perkembangan serta kemajuan para petani lada di Bateng baik mealui pemberian bibit, serta pupuk subsidi.

“Kedepan kami harapkan bantuan-bantuan serta perhatian lebih dapat ditingkatkan. Lomba seperti ini juga dapat menjadi motivasi bagi kami selaku petani lada untuk terus mengembangkan dan memajukan kembali lada Bangka Belitung,” ucapnya dengan semangat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPTP Babel, Pimpinan Dewan Rempah Nasional Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, perwakilan Bupati/Walikota se-Babel, perwakilan Dinas Pertanian se-Babel, perwakilan Dinas Pangan se-Babel, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Bateng serta tamu lainnya. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Prayogi J

Editor: Asti P

Fotografer: Prayogi J