Home PKK Warung Literasi Berok Tumbuhkan Minat Baca, Eva Algafry: Selaras dengan Program Gelar Pelangi

Warung Literasi Berok Tumbuhkan Minat Baca, Eva Algafry: Selaras dengan Program Gelar Pelangi

454
0
SHARE
Warung Literasi Berok Tumbuhkan Minat Baca, Eva Algafry: Selaras dengan Program Gelar Pelangi

KOBA – Bunda Literasi Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry mengunjungi warung literasi di Kelurahan Berok, Selasa (14/08/2023).

Kunjungan ini sebagai wujud dukungan dan semangat atas hadirnya warung literasi di Kelurahan Berok. Pada kesempatan ini dilakukan juga kegiatan pagelaran dongeng oleh penggiat literasi di Bangka Tengah, Miss Ela, bertemakan Dongeng Sebagai Media Belajar Bahagia dan Seru untuk Anak, diikuti oleh anak-anak dari berbagai PAUD dan TK di Kecamatan Koba.

Dalam sambutannya Bunda Literasi menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini.

"Budaya literasi merupakan unsur dalam pembangunan sumber daya manusia khususnya di Kelurahan Berok. Salah satu caranya adalah dengan adanya warung literasi, sebagai sarana belajar yang memiliki fungsi edukatif, informatif, rekreatif dan sebagainya," ujar Eva yang senang melihat antusiasme anak-anak.

Selaku Bunda Literasi, Ia memberikan apresiasi kepada Pak Topan sebagai pemilik warung literasi juga kepada Lurah Berok yang sudah memberikan dukungan.

Ia menegaskan, PKK terutama Pokja 2 terkait dengan program Gelar Pelangi yang diusung oleh pusat, ingin menjadikan warung literasi ini salah satu binaan kami dalam bentuk literasi.

“Sebagai langkah awal, kami menyumbangkan 3 buku untuk anak dan kita berharap nanti akan ada kegiatan-kegiatan lain yang lebih inovatif yang lebih kreatif yang melibatkan anak-anak agar daya baca dan minat baca semakin meningkat," harap Eva.

Bunda Literasi juga berharap jika dari masyarakat yang mempunyai buku bacaan terutama buku bacaan anak yang barang kali tidak digunakan lagi di rumah tapi masih layak baca, bisa ikut menyumbangkan ke warung di literasi ini.

“Kita juga bekerja sama dengan perpustakaan dan dengan opd terkait juga sudah mendukung kegiatan ini," tuturnya seraya berterima kasih kepada pihak yang telah mendirikan warung dan menyelanggarakan kegiatan pagelaran ini.

Menanggapi kegiatan ini, Teguh Prabowo selaku Lurah Berok mengatakan program ini adalah inisiasi dan swadaya dari Rukun Tetangga (RT) yang peduli akan literasi.

“Ini adalah langkah awal untuk mewujudkan masyarakat cinta membaca, karena selain tempat untuk membaca, warung literasi ini juga untuk tempat kumpul diskusi yang positif, komunitas dan sebagainya," jelas Teguh.* sumber: diskominfosta bangka tengah

Penulis: Dodi F

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman