Home Berita Instansi dan Kementerian Wujudkan Good Government, Komisi Informasi Gelar Monitoring dan Evaluasi PPID

Wujudkan Good Government, Komisi Informasi Gelar Monitoring dan Evaluasi PPID

521
0
SHARE
Wujudkan Good Government, Komisi Informasi Gelar Monitoring dan Evaluasi PPID

KOBA - Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan sosialisasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta pembagian SAQ (Self Assessment Questionnaire) Monev ke PPID Utama Pemkab Bangka Tengah, difasilitasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta) di Smart Meeting Room Kantor Bupati Bangka Tengah, Rabu (19/10/2022).

Berlandaskan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008, Komisi Informasi bertugas dalam penetapan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik dan menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui Mediasi dan/atau Ajudikasi Nonlitigasi.

Salah satu tujuan diadakannya monitoring dan evaluasi ini adalah untuk mengukur tingkat kepatuhan Badan Publik dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

Menyediakan informasi, mengumumkan informasi, melayani informasi, dan melakukan digitalisasi yang meliputi aspek sarana prasarana, kualitas informasi, jenis informasi, komitmen organisasi, serta aspek barang dan jasa informasi adalah merupakan indikator dalam monev tahun 2022 ini.

Dalam pelaksanaannya, KI akan melakukan sosialisasi ke 6 kabupaten dan 1 kota di mana masing-masing Badan Publik (BP) akan mendapatkan SAQ, lalu quisioner tersebut diisi oleh BP sesuai dengan kondisi yang ada di Badan Publik tersebut.

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kep. Babel, Rikky Fermana mengatakan bahwa pelaksanaan Monev ini sangatlah penting.

"Ini sangat penting, agar masyarakat tahu bahwa informasi publik itu adalah hak asasi manusia. Komisi Informasi di sini bertugas mengatur standar layanan informasi publik yang harus dilaksanakan oleh Badan Publik, menuju tata kelola pemerintahan yang baik," ujar Rikky.

Turut hadir perwakilan dari Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel, Kepala Dinsos PMD Bangka Tengah, Bagian Hukum Setda Bangka Tengah, perwakilan BPKAD Bangka Tengah, perwakilan BKPSDMD Bangka Tengah, perwakilan Dindik Bangka Tengah, perwakilan Bappelitbangda Bangka Tengah, serta perwakilan DPMPTK Bangka Tengah. *Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

Penulis: Onie R. Bana

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Deanty Nursyahfitri