Home Daerah Zakat Fair Bangka Tengah 2022, Algafry: Kredibilitas Baznas Nyata Bagi Bangka Tengah

Zakat Fair Bangka Tengah 2022, Algafry: Kredibilitas Baznas Nyata Bagi Bangka Tengah

93
0
SHARE
Zakat Fair Bangka Tengah 2022, Algafry: Kredibilitas Baznas Nyata Bagi Bangka Tengah

KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman berkesempatan menghadiri Zakat Fair Bangka Tengah Tahun 2022 bertempat di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (13/08/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Baznas Bangka Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten  Bangka Tengah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Tengah dan Polres Bangka Tengah.

Saat dijumpai di sela-sela kegiatan, Bupati Bangka Tengah, menyampaikan, kerja sama hari merupakan wujud nyata dalam kesejahteraan masyarakat di Bangka Tengah.

"Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama dengan Baznas dalam acara Zakat Fair ini, untuk menyalurkan zakat kepada penerima manfaat yang berhak menerimanya," ungkap Algafry.

"Dari zakat fair ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk menyisihkan hartanya bagi mereka yang memiliki rezeki berlebih melalui baznas dengan mekanisme yang jelas dan nyata. Kemudian, akan disalurkan kepada orang yang memang membutuhkannya," sambungnya.

Selain itu,k dari kegiatan ini juga ingin menggugah para muzakki yang baru untuk menyerahkan sebagian rejekinya kepada badan yang memang memiliki kredibilitas dalam bidangnya seperti Baznas.

Di kesempatan yang sama, Kepala Baznas Bangka Tengah, H. Hasyim Syahroni, mengatakan, kegiatan yang digelar tiap bulan Muharam dari kalender hijriah ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Bulan Muharram di penanggalan kalender hijriah merupakan bulan pertama awal tahun baru islam di mana bulan ini penuh kemuliaan dan keberkahan. Untuk itu, kami mengawalinya dengan menyalurkan zakat kepada penerima sebagai penyemangat dan juga penhargaan kepada hafiz/hafizah yang telah menghidupkan Alquran di Bumi Selawang Segantang," tutur Hasyim.

Lanjutnya, Zakat Fair hari ini pihaknya telah menyalurkan kepada 610 anak yatim piatu se-Bangka Tengah, lalu sebanyak 18 santri dan hafiz terbaik BKPRMI se-Bangka Tengah dan sebanyak 49 hafiz/hafizah 1 juz dan 2 juz  dari rumah tahfiz se-Bangka Tengah.

"Masing-masing bantuan untuk anak yatim piatu sebesar Rp400.000,-/orang, santri/hafidz BKPRMI sebesar Rp1.000.000,-/orang, hafiz/hafizah 1 juz sebesar Rp1.000.000,-/orang dan untuk 2 juz sebesar Rp1.500.000,-/orang," terang Hasyim.

"Untuk total keseluruhan yang kita salurkan hari ini berjumlah Rp322.500.000,-," tutupnya.

Selain pembagian santunan kepada penerima manfaat, ustaz Afrizal Hasan diundang hadir mengisi tausiah pada kesempatan itu.

Turut dihadiri Kapolres Bangka Tengah, Kepala Kementerian Agama Bangka Tengah, Sekda Bangka Tengah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Plt Kabag Kesra Setdakab Bangka Tengah, Ketua Umum BKPRMI Bangka Tengah, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Bangka Tengah, Kades/Lurah se-Bangka Tengah, wali dan orang tua penerima santunan beserta penerima santunan.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

Penulis: Karina Ningsih

Editor: Kumala Sari Dewi

Fotografer: Redoh Soniman