Home Berita Terkini BPBD Bangka Tengah Sosialisasikan Tanggap Bencana Kepada Pelajar

BPBD Bangka Tengah Sosialisasikan Tanggap Bencana Kepada Pelajar

2,524
0
SHARE
BPBD Bangka Tengah Sosialisasikan Tanggap Bencana Kepada Pelajar

Koba,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan tanggap darurat bencana alam kepada para pelajar.

"Tahun ini para pelajar menjadi sasaran kami dalam melakukan sosialisasi kebencanaan," kata Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Bangka Tengah Yudi di Koba, Selasa,(25/02/2020)

Ia menjelaskan, partisipasi masyarakat sangat penting dalam melakukan antisipasi dan penanggulangan bencana alam karena terbatasnya jumlah petugas yang ada di badan terkait.

"Kami perlu menyosialisasikan tentang kebencanaan kepada para pelajar, dengan harapan mereka mampu berpartisipasi dalam melakukan antisipasi bencana," ujarnya.

Ia menjelaskan, penanggulangan bencana perlu adanya partisipasi masyarakat karena masyarakat bukan hanya sekadar menjadi korban atau objek dari bencana, namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana.

"Metode yang tepat dalam penanganan bencana adalah kesiagaan bencana berbasis masyarakat, terutama para pelajar," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, sosialisasi bisa mendorong pemberdayaan kapasitas para pelajar untuk menyiagakan diri dalam mencegah serta mengurangi dampak dan risiko bencana yang terjadi di lingkungannya.

"Pelajar harus diberdayakan dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mampu melakukan upaya penanganan bencana alam," ujarnya.

 

Sumber : Antara News