Home Berita Terkini BPPT Bantu Percepatan Pembangunan Teknologi di Bangka Tengah

BPPT Bantu Percepatan Pembangunan Teknologi di Bangka Tengah

975
0
SHARE
BPPT Bantu Percepatan Pembangunan Teknologi di Bangka Tengah

Koba, - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan membantu percepatan pembangunan berbasis teknologi di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, mengatakan komitmen BPPT untuk membantu percepatan pembangunan di daerah ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang dihadiri 27 kepala daerah di Cirebon, Selasa (09/04/2019).

"Kesepakatan bersama ini sangat kami butuhkan karena selaras dengan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan daerah berbasis teknologi," tambahnya.

Ia menjelaskan, dalam kesepakan bersama itu ada beberapa pointer yang menjadi fokus BPPT yaitu melakukan audit infrastruktur dan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional, manajemen pengetahuan, kajian artificial intelijen dan data cloud, meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam produk nasional, sistem nasional peringatan dini multi ancaman bencana, percepatan pembangunan instalasi pengelolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan, national science techno park, ekonomi kreatif dan audit teknologi.

"Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami khususnya dalam penerapan teknologi yang sudah sesuai dengan kondisi sekarang," ujar dia.

Ia mencontohkan, di sektor perikanan Pemkab Bangka Tengah sudah menerapkan program pembangunan berbasis teknologi yaitu program Sistem Informasi Daerah Potensial Penangkapan Ikan (Sidolpin).

"Sidolpin ini merupakan teknologi terbaru untuk memetakan wilayah tangkap nelayan, sehingga nelayan bisa meningkatkan hasil tangkap mereka," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya teknologi yang modern maka nelayan bisa mendeteksi letak atau posisi ikan yang banyak dimana dengan menggunakan citra satelit menemukan dimana posisi ikan untuk ditangkap.

"Ini sudah mulai kami terapkan, tentu dengan bantuan BPPT diharapkan teknologi ini terus dikembangkan dan diperbarui," ujarnya.

 

Sumber : Antara News