Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Minta Kepala Desa Gali Potensi Sda

Bupati Bangka Tengah Minta Kepala Desa Gali Potensi Sda

566
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Minta Kepala Desa Gali Potensi Sda

Koba, Babel, - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta kepada kepala desa mampu menggali potensi sumber daya alam yang ada di daerah pedesaan.

"Desa itu memiliki potensi alam yang berbeda, saya minta gali sumber daya alam yang ada sesuai dengan potensi desa masing-masing," katanya di Koba, Selasa, (07/01/2020)

Ibnu Saleh mengakui dalam satu tahun terakhir para kepala desa sudah mulai fokus mengembangkan dan menggali potensi sumber daya alam yang ada di desa mereka.

"Saya melihat kepala desa sudah mulai fokus menggali potensi desa, demikian juga program pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik," ujarnya.

Tentu saja, kata dia, apa yang dilakukan para kepala desa tersebut langkah yang sangat baik karena sudah mampu menerjemahkan visi dan misi daerah.

"Visi dan misi kami adalah membangun daerah dari pinggiran atau dari desa dengan konsep pembangunan partisipatif dan itu sudah dilakukan dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan, sebagian desa sudah memiliki pendapatan desa yang mampu dibelanjakan untuk pemberdayaan masyarakat desa itu sendiri.

"Misalnya ada desa yang membangun usaha tambak ikan dan berkembang dengan baik. Ada juga peningkatan ekonomi kreatif, peternakan sapi, ayam dan bebek," ujarnya.

Tentu saja kata dia semua itu bagian dari kinerja pemerintah desa yang sudah baik dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat desa.

"Selain ditunjang dengan dana desa dari APBN dan APBD, desa juga mampu mencari pendapatan sendiri dengan menggali potensi yang ada di desa," ujarnya.

 

Sumber  : Antara News