Home Berita Terkini Desa Air Mesu Wakili Bangka Tengah Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi

Desa Air Mesu Wakili Bangka Tengah Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi

627
0
SHARE
Desa Air Mesu Wakili Bangka Tengah Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi

Koba, - Kelompok Temu Putih, Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalanbaru, mewakili Kabupaten Bangka Tengah dalam lomba asuhan mandiri tanaman obat keluarga (Asman Toga) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kelompok Temu Putih Desa Air Mesu mendapat kepercayaan untuk mewakili Bangka Tengah dalam lomba Asman Toga tingkat provinsi, tentu ini menjadi motivasi untuk kelompok serupa di desa lainnya," kata Ketua Tim Penilai Asman Toga, Hermain di Koba, Senin, (17/06/2019).

Ia menjelaskan, salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah mendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatannya serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri.

"Keterlibatan masyarakat untuk memelihara kesehatannya secara mandiri tertuang dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2016 tentang Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional," ujarnya.

Sementara Sekda Bangka Tengah, Sugianto, mengatakan, Asman Toga merupakan membangun kesadaran masyarakat dalam upaya promotif dan preventif.

"Kita sangat mengapresiasi kelompok Asman Toga Temu Putih Desa Air Mesu Timur mewakili Bangka Tengah dalam lomba tanaman Asuhan Mandiri Toga dan Akupresure Tingkat Provinsi Bangka Belitung 2019," ujarnya.

Ia mengatakan, tanaman obat keluarga harus digalakkan pada setiap rumah warga dalam rangka menciptakan masyarakat yang sehat.

"Ini upaya pemerintah dalam menciptakan masyarakat yang sehat dengan memanfaatkan tanaman obat bersifat tradisional," ujarnya.

 

Sumber : Antara News